5 Tips Ampuh Menghilangkan Malas [Nomor 5 Paling Joss!]

5 Tips Ampuh Menghilangkan Malas [Nomor 5 Paling Joss!]

Share This:

Malas adalah penyakit yang biasa mampir pada diri manusia. Malas menjangkiti seluruh tubuh, sedangkan kalau yang cuma sebagian, misalnya perut, maka itu namanya mulas. Kalau kena, bagaimana cara menghilangkan malas? Simak 5 tips ampuh berikut ini!

1. Tentukan Tujuan Terlebih Dahulu

Tentukan Tujuan Terlebih Dahulu
Lihat Baik-baik Tujuan Anda.

Menghadapi pekerjaan atau belajar yang membuat Anda malas, tentukan tujuannya terlebih dahulu. Apakah pekerjaan itu cuma sekadar mendapatkan gaji atau honor? Cuma itu? Mungkin Anda bisa cari yang lain. Misalnya, dengan pekerjaan itu, rekan kerja yang Anda sukai (yang Anda targetkan untuk menikahinya), akan jadi makin tertarik. Atau Anda jadi bisa sering dinas ke luar kota untuk mengerjakan yang serupa tapi dengan lingkup yang lebih luas. Ibarat pepatah: Seribu jalan ke Roma, tapi satu jalan untuk beli biskuit Roma. Satu jalannya itu lewat mana?

2. Buatlah Rencana dengan Matang

Buatlah Rencana dengan Matang
Banyak Juga Rencanamu Ya Mas?!

Gagal buat rencana, maka bisa jadi bencana. Itulah kalimat yang mungkin pernah Anda dengar. Rencana itu harus detail, jelas, tetapi juga terukur. Kalau ada suatu pekerjaan, maka rencananya bisa jadi: membaca petunjuk teknis, mengumpulkan bahan, mengolah dengan mengetik di komputer (bisa juga Anda limpahkan ke orang lain), mengedit dan lain sebagainya. Setiap tahap buatlah jangka waktunya. Jadi, memang harus matang. Nah, kalau sudah matang, segera tiriskan.

3. Kalau Bisa Sekarang, Buat Apa Ditunda Sampai Meradang?

Buat Apa Ditunda
Dua Pekerjaannya: Ngopi Data dan Ngopi Hangat.

Ibarat penyakit, kalau sedari awal sudah diobati atau dicegah, maka peluang untuk parahnya akan kecil. Begitu pula dengan urusan cinta. Kalau sedari awal, Anda tahu bahwa dia tidak mau, maka jauhilah sedari awal. Nah, kok kaitannya ke sana ya?

Suatu pekerjaan berat itu akan ringan jika tidak dikerjakan! Ingat ya, ini prinsip kita bersama. Pekerjaan berat maupun ringan akan berubah statusnya bila dilakukan. Ya, lakukan saja! Apakah pekerjaan berat itu betul-betul berat? Bisa jadi tidak. Apakah yang ringan itu memang ringan? Tidak juga. Kalau cuma dibayangkan, bagaimana Anda akan tahu? Orang gemuk pun akan terasa ringan kalau … apa ya? Silakan teruskan sendiri saja.

4. Minta Bantuan Orang Lain

Minta Bantuan Orang Lain
Kalau Bukan Keluarga, Bisa Rekan Kerja Anda Diminta Bantuannya

Untuk tahap awal, malas masih selalu mengganggu. Ibarat film Suzanna yang juga masih menghantui. Tapi Suzanna bukanlah masalah, kalau nama Anda Susanto. Iya `kan? Ini apa hubungannya coba?

Orang lain, terutama yang terdekat, perlu untuk membantu Anda. Mengingatkan Anda untuk menghilangkan malas dengan konsisten pada tujuan, rencana dan waktu untuk melakukannya. Makanya, Anda perlu berbicara terbuka dengan mereka. Orang itu bisa suami/istri. Ya, lebih bagus memang pasangan halal Anda. Bagaimana bila belum punya? Ini tetap masuk di poin ini, yaitu: minta bantuan orang lain! Dan bila keluarga tidak bisa membantu, maka jadikan rekan kerja Anda bisa memberikan bantuannya.

5. Jadilah Orang yang Rajin

Jadilah Orang yang Rajin
Meskipun yang di Gambar, Orang Itu Tidak Diketahui Namanya, Tapi Manjur Tipsnya

Inilah pamungkas pada tips kali ini. Untuk menghilangkan malas, memang Anda harus jadi orang yang rajin. Tapi apakah rajin saja itu cukup? Oh, tidak juga! Kalau Anda cuma rajin membuat tujuan dan rencana, tapi malas melakukannya, bukankah akan sama saja? Makanya itu, sifat rajin itu akan muncul bila memang Anda biasakan. Toh, suatu kesuksesan itu tidak datang secara tiba-tiba. Betul `kan? Sebuah pohon yang tinggi besar, dulunya juga tunas kecil. Makin besar pohonnya, biasanya makin mudah dikencingi orang. Itu adalah contoh orang yang malas untuk mencari kamar mandi!

Tentunya, pada tips ke-5 ini juga perlu dengan doa untuk menghilangkan malas. Itu bisa Anda baca, bahkan dihafalkan DI SINI.

Menghilangkan malas memang harus mulai kita lakukan dari diri sendiri. Sebab, tidak ada ceritanya itu, orang yang malas menjadi sukses. Yang ada adalah malas itu menjadikan orang yang sukses, tapi sukses jadi pemalas juga! Jangan biarkan hal itu terjadi pada diri Anda. Mulailah singkirkan rasa malas. Agar kelak di kemudian hari, Anda menjadi orang yang hebat. Setuju? Coba yang setuju, angkat tangannya! 🙂

Baca Juga:
Temukan 5 Manfaat Ketika Berhasil Menemukan Kepribadian Anda 

5 Negara dengan Jumlah Buku Paling Banyak Setiap Rumah

 

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share This:
error: Content is protected !!