Kesehatan Berkaitan dengan Farmasi, Berkaitan Pula dengan Pafitanggamus

Kesehatan Berkaitan dengan Farmasi, Berkaitan Pula dengan Pafitanggamus

Jika Dirasa Tulisan Ini Bermanfaat, Share Ya!

Ketika saya masih tinggal bersama dengan orang tua di Jogja, saya pernah mendengar siaran radio yang mengatakan begini, “Kesehatan bukanlah segalanya, tetapi tanpa kesehatan, segalanya tidak berarti apa-apa.”

Dari situ, saya merenung. Ternyata, kesehatan ini termasuk kebutuhan pokok juga. Ketika kita masih sekolah, kebutuhan pokok itu biasanya berkaitan dengan sandang, papan, dan pangan, tetapi ada dua hal berikutnya lagi, yaitu: kesehatan dan pendidikan.

Siapa sih orang yang ingin sakit? Siapa sih orang yang mau dirawat di rumah sakit? Pastinya, secara alami, manusia ingin selalu sehat. Ingin selalu bahagia. Namun, rupanya, di dunia ini tidak selalu berjalan mulus begitu. Sudah berusaha keras menjaga kesehatan, tetap bisa sakit juga.

Sakit sebenarnya juga tidak selalu ditanggapi dengan negatif. Adanya sakit membuat kita jadi sadar bahwa kita ini memang lemah. Kita ini memang rapuh. Ketika sakit, memberikan kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat. Mungkin selama ini, kita terlalu terforsir dengan aktivitas, dengan segala pekerjaan kita yang seolah-olah tidak ada berhentinya.

Adanya sakit, membuat kita jadi mengerem sejenak segala aktivitas tersebut. Memang tidak nyaman, memang tidak enak, tetapi sakit bisa membuat tubuh akan lebih kuat lagi. Dan, tubuh bisa menyembuhkan dirinya sendiri, selama bahan untuk menyembuhkan itu tersedia. Jika kita terbiasa dengan makan makanan sehat, maka itulah bahan terbaik. Tubuh akan pulih lebih cepat.

Akan tetapi, sakit yang cukup panjang, berat, dan lama tentunya akan membuat kita jadi tidak produktif. Bisa bikin repot juga. Mungkin penghasilan jadi berkurang karena sakit tersebut. Mungkin kesempatan untuk berkarir lebih tinggi jadi tertunda. Mungkin juga, kesempatan satu-satunya untuk meraih impian atau prestasi terpaksa hilang akibat kita sakit. Nah, kalau sudah begitu, siapa yang mengalami hal yang tidak menyenangkan? Kita sendiri bukan?

Saat sakit, memang membutuhkan obat. Namun, yang pasti, kita tidak bisa minum obat sembarangan. Misalnya, kita sakit kepala, yang diminum malah obat cacing, jelas ini tidak ada hubungannya. Oleh karena itu, berkaitan dengan obat, kita membutuhkan ilmu. Dan, ilmu yang dimaksud adalah ilmu farmasi. Kita mengetahui istilah tersebut.

Kiprah Pafitanggamus

Kita menyebut ahli sebagai orang yang mendalami bidang tertentu, dalam waktu yang lama, berpengalaman, dan bisa mengajari orang lain tentang bidang tersebut. Ada begitu banyak ahli di dunia ini, salah satunya adalah ahli farmasi. Ahli tentang kesehatan, penyakit, dan obat-obatan.

Ibarat sapu lidi, jika cuma satu, maka rasanya tidak akan kuat. Makanya, butuh organisasi yang mewadahinya. Butuh rekan-rekan seprofesi yang bergabung untuk tujuan yang sama.

Dalam negara kita tercinta ini, ada yang dinamakan dengan Ahli Farmasi Indonesia yang bergabung ke dalam Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI). Organisasi tersebut didirikan di Yogyakarta pada tanggal 13 Februari 1946. PAFI berkedudukan di Indonesia, organisasi PAFI sebagai organisasi profesi punya sifat kekaryaan dan pengabdian.

Salah satu kiprah PAFI adalah di Kabupaten Tanggamus, Lampung. Tepatnya ada di Jalan Kesehatan, Gisting Bawah. Organisasi di daerah tersebut berkiprah di masyarakat melalui sarana online atau internet dengan websitenya pafitanggamus.

Ketika kita membuka website tersebut, kita akan menemukan begitu banyak informasi. Kita bisa mendownload atau mengunduh standar APD dalam manajemen penanganan covid-19. Meskipun covid-19 sudah berhasil kita lalui, tetapi tidak ada salahnya mempelajari kembali pandemi tersebut, beserta penanganannya. Pafitanggamus juga memberikan informasi seputar regulasi terbaru tentang farmasi, berita terbaru, termasuk pula lowongan pekerjaan.

Menjangkau 24 Jam, 7 Hari Sepekan, Seluruh Dunia

Menariknya dan asyiknya punya website itu adalah selalu bisa memberikan informasi selama 24 jam, 7 hari dalam sepekan. Selama website aktif, selama itu pula isi di dalamnya bisa dibaca oleh semua orang.

Selama masih ada internet, website bisa dijangkau, tidak hanya di Indonesia ini, tetapi juga di seluruh dunia. Tidak perlu dijagai setiap saat, website akan aktif sendiri secara otomatis, jika perangkatnya juga terjaga dengan baik.

Nah, pafitanggamus menjadi salah satu website yang berkaitan dengan ahli farmasi dan berpusat di Kabupaten Tanggamus, Lampung. Mungkin kita belum pernah ke Lampung, tetapi kita jadi lebih mengerti tentang Lampung, terutama kiprah PAFI di sana melalui website tersebut.

Selain itu, ahli farmasi bisa lebih memberikan ilmu kepada masyarakat, apalagi farmasi ini berkaitan dengan kebutuhan pokok masyarakat, berupa kesehatan seperti yang saya tulis di atas. Harapannya, website yang dimiliki PAFI di Kabupaten Tanggamus akan senantiasa eksis dan terus menjadi bagian dari memberdayakan masyarakat, utamanya menyangkut kesehatan. Semoga seperti itu terus.

Jika Dirasa Tulisan Ini Bermanfaat, Share Ya!

Silakan tinggalkan komentar

Email aktif kamu tidak akan ditampilkan. Tapi ini mesti diisi dengan benar.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.