5 Negara dengan Jumlah Buku Paling Banyak Setiap Rumah [Indonesia Ada?]

5 Negara dengan Jumlah Buku Paling Banyak Setiap Rumah [Indonesia Ada?]

Share This:

Ada sebuah pepatah: Orang kaya punya perpustakaan besar, orang miskin punya tivi besar. Rupanya, orang yang memiliki buku banyak memang bisa menjadi kaya. Berikut 5 negara dengan buku paling banyak setiap rumah. 

Ternyata, membelikan buku bagi si kecil, berpengaruh besar terhadap pertumbuhannya. Namanya anak kecil, bisa jadi buku barunya langsung dirobek. Tapi, sedini mungkin mengenalkan pada buku, Insya Allah manfaatnya akan terasa sampai dia dewasa. Tidak hanya bagi anak kecil, melengkapi buku untuk setiap anggota keluarga juga mendatangkan efek positif. Tidak percaya? Coba silakan baca tulisan ini sampai selesai ya..

Ada sebuah penelitian tentang negara yang warganya paling banyak memiliki buku. Penelitian ini berdasarkan laporan dari website New York Post. Terus, studinya dari Australian National University dan University of Nevada. Setelah membaca ini, mungkin Anda akan tercengang. Ternyata, negara-negara itu memang yah cukup pantaslah untuk semakin berkembang. (Indonesia masuk urusan berapa ya?). Negara mana saja itu?

1. Estonia

Estonia
Bagian dari Negara Estonia

Pernah dengar negara itu? Dulu pas pelajaran Geografi, Anda masuk apa tidak? Hehe… Negara Estonia itu terletak di Eropa Utara. Jadi, ya, bagian dari Benua Eropa. Jika Anda ingin tahu lebih lengkap tentang negara Estonia, silakan klik DI SINI. Mau tahu berapa rata-rata buku di sana? Siap-siap kaget, karena di sana rata-rata memiliki 218 buku setiap rumah. Jumlah segitu, rumahnya seperti apa? Bisa jadi rumahnya memang sudah besar atau rumahnya tidak terlalu besar, tapi bisa mengatur isi perabotannya?

Yang jelas, kita ambil rata-ratanya saja. Andaikan ada keluarga dengan ayah, ibu dan dua orang anak. 218 buku dibagi 4, maka hasilnya adalah 54,5! Setiap anggota keluarga bisa memiliki lebih dari 50 buku. Waow…! Ini sih keterlaluan. Maksudnya, keterlaluan mau ingin jadi pintar!

2. Norwegia

Norwegia
Tidak Tahu Laki-laki Ini Siapa, yang Jelas Ini di Norwegia

Ini juga masih menjadi bagian dari benua Eropa. Untuk lebih jelasnya tentang negara ini, silakan simak DI SINI. Berapa jumlah buku di sana setiap rumah? Namanya urutan kedua, pastilah jumlahnya di bawah yang pertama. Norwegia menurut hasil penelitian itu adalah 212 buku dalam setiap rumah. Itu rata-ratanya. Berarti bisa lebih banyak sedikit.

Bagaimana kalau dibagi setiap orang per anggota keluarga? Kalau ini pas, jumlah 53 buku setiap orang. Sekali lagi, kalau keluarga ini ikut program KB, ayah, ibu dan dua orang anak. Bagaimana menurut Anda? Masih terlihat banyak ya bagi setiap anggota keluarga?

3. Republik Ceko

Republik Ceko
Kota Praha, Republik Ceko. Jernih Banget Tuh!

Kalau Estonia 218 buku, Norwegia 212 buku per rumah, Republik Ceko diteliti ada 204 buku setiap rumah! Seperti dua negara di atas, bagi yang ingin tahu tentang Republik Ceko, langsung klik DI SINI. Negara yang terletak di Eropa Tengah itu cukup bagus untuk urusan sepakbola. Tetapi juga bagus untuk hal pengembangan ilmu. Bagaimana bila dibagi per anggota keluarga? Menurut kalkulator di laptop, hasilnya 51 buku. Berarti selisih dua buku dengan Norwegia. Ya okelah. Kita lanjut di urutan keempat. Tetap staytune di artikel ini.

4. Denmark

Denmark
Jangan Cuma Lihat Tangganya, Tapi Pemandangannya.

Ingat ini Denmark, nama negara, bukan Demak, nama daerah di Jawa Tengah. Hehe.. Denmark juga terkenal dengan sepakbolanya. Mungkin Anda lebih tahu daripada saya. Denmark memiliki 192 buku per rumah. Seperti di atas, kita bagi per anggota keluarga dapat 48 buku. Masih lumayan banyak ya..? Sebenarnya begitu kalau dibandingkan dengan buku-buku kita di rumah ūüėČ

5. Rusia

Rusia
Kota St. Petersburg, Rusia.

Negara ini cukup menyita perhatian waktu ada pertandingan antara Khabib Nurmagomedov dengan Conor McGregor. Khabib berasal dari Dagestan, Rusia. Ternyata, di sini, Rusia juga masih menyita perhatian meskipun berada di urutan kelima. Sebelum melihat jumlah buku Rusia setiap rumah, bisa Anda lihat tentang Rusia DI SINI. Sudah masuk ke sana? Baiklah ini dia datanya.

Rusia memiliki rata-rata 154 buku setiap rumah. Mungkin yang ini bisa Anda jangkau, lah. Dibagi jika empat anggota keluarga, masing-masing dapat 38,5 buku. Masih terlihat banyak atau tidak? Anda pun bisa melampauinya jika Anda memang seorang penyuka buku, dengan seluruh anggota keluarga Anda.

Selain mempublikasikan tentang lima negara dengan jumlah buku terbanyak setiap rumah, juga menyimpulkan bahwa ketika orang tumbuh dari kecil atau remaja dengan buku, meskipun tidak membacanya atau dikoleksi saja, dapat meningkatkan hasil pendidikan.

Penelitian yang dipublikasikan awal bulan ini dalam jurnal Social Science Research menemukan, pada usia 16 tahun, terdapat korelasi kuat antara jumlah buku yang dimiliki dan kemampuan membaca, matematika, dan IT di kemudian hari, menurut laporan The Guardian.

Kapan ya Indonesia bisa masuk peringkat lima besar itu? Mungkin ini masih berwujud mimpi panjang. Tapi, kalau kita mulai dari diri sendiri, terus ke keluarga, maka ya harapan itu akan jadi kenyataan. Tidak perlu berpikir punya banyak buku itu bikin rugi, justru akan bermanfaat. Kalau bukan kita yang membacanya, ya, bisa jadi anak cucu. Apalagi bila buku-buku yang Anda punya tentang agama, maka amal jariyah akan terus mengalir untuk Anda. Insya Allah.

Baca Juga:

Temukan 5 Manfaat Ketika Berhasil Menemukan Kepribadian Anda

5 Tips Ampuh Menghilangkan Malas

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share This:
error: Content is protected !!