5 Ciri Penting Jika Anda Cerdas Atau Pintar

5 Ciri Penting Jika Anda Cerdas Atau Pintar

Share This:

Kadang, ada orang yang mengakui dirinya cerdas atau pintar. Namun, biasanya orang yang seperti ini disebut dengan sok tahu, bahkan boleh jadi sok tempe pula! Terus, apa dong ciri penting kalau Anda cerdas atau pintar? Mau tahu selengkapnya? Silakan simak yang berikut ini! 

Sebelum Anda membaca sampai selesai, ada baiknya, boleh simak yang berikut ini:

1. Merasa Kurang Ilmu

Kita bisa melihat dunia para ulama. Meskipun mereka punya ilmu luar biasa banyak sebenarnya, tetapi tetap saja merasa kurang, kurang dan kurang. Anda bisa melihat, pendapat Imam Syafii tentang ilmu. Jadi, orang yang sok tahu itu memang sebenarnya dia tidak punya ilmu atau sedikit ilmunya. Dan, istilah yang tepat untuknya adalah tahu banyak tentang sedikit hal. Bukankan yang lebih bagus adalah tahu sedikit tentang banyak hal?

2. Tinggi Rasa Ingin Tahunya

Ini tidak usah diukur, seberapa meter tingginya, ya? Karena memang abstrak. Tapi yang jelas, orang yang cerdas atau pintar itu dalam dirinya, selalu saja ingin tahu dan ingin tahu. Tentu, ini menyangkut ilmu yang positif lho! Bukan menyangkut orang lain, menyangkut kehidupan rumah tangganya lah, kerjanya lah, bahkan hewan peliharaannya juga lah. Itu namanya kepo. Apakah semua kepo itu negatif? Oh, tidak. Ada pula kepo yang positif, yaitu: keponakan.

3. Haus Informasi, Berita dan Hal Terbaru

Tentu di sini haus informasi dan berita, bukannya merobek koran atau majalah, dimasukkan air, terus diminum lho! Kalau itu sih persepsi zaman dulu, ya? Jika mau pintar, maka gunakanlah cara seperti itu pada buku pelajaran. Bukannya makin jadi cerdas, malah terasa otak habis diretas. Kena virus. Error.

Baca Juga: 5 Negara dengan Jumlah Buku Paling Banyak Setiap Rumah

Anda yang cerdas atau pintar akan selalu mencari informasi, berita dan hal terbaru di manapun itu. Lagi-lagi yang positif, bukan kehidupan orang lain, terutama artis. Informasi dan berita itu yang bisa membuat Anda jadi makin positif hidupnya. Termasuk bagaimana positif hamil, jika Anda saat ini belum diberikan keturunan. Semoga suatu saat nanti diberikan ya? Aamiin…

4. Puas, Puas, Puas?

Nah, ini dari acara Empat Mata atau acara serupa tapi tak sama, Bukan Empat Mata. Puas kadang diidentikkan dengan kehidupan rumah tangga yang paling privat. Apa les privat? Bukan.. Itu lho yang dilakukan suami istri untuk … ah, pokoknya susah diceritakan di sini. Puas adalah keadaan atau hal yang mereka cari. Kalau bisa, memang dua-duanya agar tercipta suasana yang aman, nyaman dan stres pun jadi tidak mempan.

Namun alias akan tetapi, orang yang cerdas atau pintar, tidak pernah merasa puas. Mereka selalu berusaha agar ilmunya bertambah terus dan terus. Kalau hari ini sudah bisa mengetik dengan lancar dan sepuluh jari (bukan sebelas jari), besoknya dia belajar desain lewat CorelDraw misalnya. Padahal, kalau mau desain, bisa juga lewat internet. Di sinilah tempatnya Anda bisa belajar bikin desain dengan mudah.

5. Pikiran Aktif Terus

Ada sebuah pepatah yang saya ciptakan sendiri: Diam itu emas, bicara itu perak, cerewet itu perunggu. Artinya, orang yang cerewet itu kedudukannya paling rendah. Itu masih mending, seharusnya orang cerewet itu dapatnya seng! Cerewet memang bisa bikin yang dengar menjadi senewen. Belum selesai urusan yang satu, sudah dicereweti lainnya. Bikin kuping panas, melebihi kuping panci yang isinya mendidih. Ya `kan?

Rupanya, jika Anda cerdas atau pintar, maka Anda tidak akan banyak bicara. Atau bicara yang sewajarnya saja. Seperlunya saja. Tidak perlu semua ditanggapi `kan? Nah, saat Anda tidak terfokus untuk banyak bicara, maka pikiran yang mengambil tempat itu. Pikiran Anda jadi jalan terus. Berusaha untuk menemukan hal yang baru dan lebih bermanfaat.

Sampai di sini, terima kasih bagi Anda yang sudah membaca. Lima hal di atas, silakan dicek pada diri Anda. Sudahkah Anda mempunyai lima ciri itu?

Baca Juga:

5 Tips Ampuh Menghilangkan Malas

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share This:
error: Content is protected !!