Press "Enter" to skip to content

8 Tips Lolos Tes CPNS [Insya Allah Anda Pasti Lolos]

Admin
Share This:

Sudah siap ikut tes CPNS? Bagaimana persiapan Anda? Sampai sejauh mana? Apakah sejauh mata memandang? Coba Anda cermati tips lolos tes CPNS berikut ini!

Baiklah kita mulai 8 tips lolos tes CPNS di sini. Boleh Anda lihat tahapan CPNS 2018 DI SINI. Selesai membaca sampai tuntas nanti, silakan tinggalkan komentar atau tanggapan Anda ya..? Baiklah (kata ini diulang lagi), ini dia tipsnya!

1. Apakah Itu Sudah Sesuai Kata Hati? 

Sesuai Kata Hati
Ikuti Kata Hati, Maka Anda Akan Bahagia. Semoga Saja Lho!

Tips pertama dimulai dengan pertanyaan. Meskipun ini bukan kuis, tapi coba Anda pikirkan, Anda menjalani hidup ini memang harus sesuai kata hati. Betul begitu bukan? Nah, apakah menjadi CPNS itu murni keinginan terdalam Anda, ataukah dari orang lain? Misalnya kedua orang tua Anda. Mungkin mereka adalah seorang PNS, makanya menghendaki anaknya juga seperti mereka. Anda bisa bayangkan kalau nanti jadi PNS, sementara itu bukan keinginan Anda yang paling dalam, sepertinya Anda akan susah menjalaninya. Bisa jadi Anda nanti akan menjalani rutinitas yang membosankan. Pagi berangkat, siang pulang, sore baru datang lagi. Sering tidak absen di kantor, pekerjaan tidak diselesaikan, tapi untuk honor, paling depan! Walah…!

Jika memang Anda tidak mau menjadi PNS, katakanlah ingin jadi pengusaha, ya, tinggal dibicarakan saja dengan keluarga. Buktikan bahwa Anda mampu hidup dan mendapatkan rezeki meskipun bukan dari PNS. Tetapkan tekad bahwa Anda akan menjalani hidup ini sesuai dengan minat, bakat, hobi dan panggilan hati nurani Anda. Rugi lho, kalau Anda hidup di bawah bayang-bayang orang lain.

2. Sudah Siapkah Anda Menerima Aminah, Eh, Amanah? 

Amanah
Amanah Itu Bagaikan Seterang Matahari. Maksudnya? Silakan Jabarkan Sendiri!

Menjadi PNS itu sebenarnya cukup berat, lho! Kok bisa? Gampang saja jawabannya. Karena seorang PNS itu adalah abdi negara. Melakukan pekerjaannya untuk negara. Oleh karena itu dan makanya itu, digaji dari uang negara. Namanya uang negara, juga dikatakan sebagai uang rakyat. Nah, amanah menjadi abdi negara itu tidak gampang, karena kerja Anda nanti akan dipertanggungjawabkan. Tidak hanya kepada negara, tetapi juga kepada Allah.

Coba misalnya, Anda nanti jadi PNS, tetapi sering terlambat ke kantor. Pulang sebelum waktunya. Sementara gaji Anda full tangki. Nah, gaji yang penuh itu harusnya tidak diterima seperti itu, karena waktu kerja Anda berkurang. Tapi kan kenyataannya, tetap full. Apalagi bila Anda nanti dipercaya mengemban amanah sebagai seorang pejabat publik. Bahkan jadi pengelola keuangan. Lebih berat lagi itu.

3. Lengkapi dengan Sholat Istikharah

Sholat Istikharah
Lebih Bagus Anda Jalankan di Sepertiga Malam Terakhir, Lebih Tenang dan Khusyuk. Serius Betulan!

Kita memang tidak tahu dengan diri sendiri, tetapi Allah Maha Mengetahui. Makanya, boleh juga dan perlu untuk melakukan sholat istikharah, memohon petunjuk. Apakah jadi PNS nanti Anda mendapatkan kebaikan hidup di dunia sampai di akhirat ataukah sebaliknya? Lakukan di waktu-waktu mustajab, misalnya di sepertiga malam terakhir. Jadi, sholat ini tidak cuma untuk urusan jodoh. Anda bingung pilih si Susi atau Siti, sholat istikharah, padahal uang saja juga belum ada. Waduh!

4. Kalau Sudah Mantap, Berlatih Soal Tes

Berlatih Soal Tes
Latihan, Latihan, Latihan! Agar Anda Makin Terlatih!

Ini kan tahap ketika akan tes CPNS ya? Sebelumnya, Anda sudah mantap mendaftar di posisi lowongan dan instansi itu? Sesuaikan pula dengan tingkat persaingan yang ada. Antara jumlah kursi yang tersedia dengan para pelamar yang mengincar. Jika perlu kenali para pesaing itu satu per satu. Manfaatnya luar biasa lho! Selain Anda mampu mengetahui kelebihan dan kekurangan mereka, nantinya mungkin saja di antara mereka, ada yang jadi jodoh Anda. Halah, malah bahas jodoh lagi…

Tunggu, sebelum poin selanjutnya, bagaimana latihan tes yang terbaik itu? Ya, Anda bisa simak dari soal-soal tahu sebelumnya. Kan banyak itu. Bisa dari Google, maupun aplikasi Android. Jika ada kursusnya, boleh juga Anda ikut. Itu agar Anda makin mengenal tipe dan bentuk soal tes itu. Hanya satu yang sama dari tahun ke tahun! Apa itu Mas? Jelas, soal tes-tes itu selalu diakhiri dengan tanda tanya! Kalau tidak percaya, silakan cek saja!

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Menghilangkan Malas

5. Tenangkan Pikiran Sehari Sebelum Tes

Tenangkan Pikiran
Mungkin Anda Bisa Lakukan Itu Untuk Menenangkan Pikiran. Awas Jatuh!

Ini termasuk efektif lho, ketika saya ikut tes masuk perguruan tinggi negeri. Alhamdulillah, berhasil diterima di UGM. Tips ini saya dapatkan dari guru SMA. Intinya seperti ini. Ibaratnya gelas kosong, yang sudah diisi larutan berwarna, dibiarkan mengendap. Itu bisa bermakna, materi-materi pelajaran yang sudah kita pahami, agar melengket di otak. Bila Anda belajar lagi sebelum tes, bahkan beberapa jam sebelumnya, maka endapan tadi akan kacau lagi. Buyar lagi. Pada akhirnya, materi-materi yang seharusnya gampang dipanggil ketika ada soal tes, menjadi acak adut, tidak karuan, tidak jelas dan malah keluyuran (mirip kelakuannya siapa itu ya?).

Tips kelima ini dapat Anda isi dengan membaca buku-buku ringan, semacam komik, meskipun Anda tidak dalam kondisi batuk. Wah, malah bahas merek obat! Atau jalan-jalan ringan mengelilingi kota. Asal jangan terlalu jauh. Dikhawatirkan ketika tes dimulai, Anda malah belum pulang!

Otak memang perlu istirahat. Bagaikan pasukan tempur, sebelum menyerbu, perlu rehat sejenak. Pikiran yang tenang akan memudahkan kita dalam menjawab soal.

Baca Juga: Cerpen “CPNS”

6. Minta Ridho Orang Tua, Juga Mertua (Kalau Sudah Ada)

Ridho Orang Tua
Meskipun Anda Sudah Dewasa, Anda Tetaplah Anak Dari Orang Tua. Sementara Pasangan Anda Adalah Anak Dari Mertua Anda.

Saat Anda masih sekolah, mungkin Anda punya kebiasaan sebelum pergi dari rumah, mencium tangan kedua orang tua. Selain memang sebagai tanda pamit, juga bermakna doa luar biasa agar anaknya bisa sukses belajar. Nah, begitu pula sekarang. Meskipun Anda belum menikah, tapi sudah dianggap dewasa, maka cium tangan kedua orang tua itu masih penting. Bila Anda punya mertua, juga sama mereka. Kalau yang berjauhan bagaimana Mas? Ya, bisa dengan telepon. Lewat videocall dengan Whatsapp atau media lain. Asal komunikasi dari hati ke hati itu dapat terjalin dengan pasti.

7. Atur Strategi Ketika Mengerjakan Tes

Strategi
Ingat, Tes CPNS Bukan Berwujud Bermain Catur Ya…

Jelas ini strategi lama. Pilih dulu soal-soal tes yang paling mudah, yang kalau bisa, Anda mampu mengerjakan sambil tutup mata. Wah, malah salah nanti jawabnya!

Soal-soal mudah disikat dulu, baru yang sulit. Jika semuanya sulit, ya, dibuat gampang saja. Bagaimana itu? Mungkin Anda yang lebih tahu tentang hal ini.

8. Lihat Pengumuman, Anda Pasti Lolos!

Pengumuman Lolos Tes CPNS
Hayo… Siap Tidak Anda Melihat Pengumuman Nanti?

Saat paling bikin deg-degan itu adalah saat minum es degan alias es kelapa muda! Wah, tidak nyambung! Maksudnya, saat paling mendebarkan itu ketika melihat pengumuman. Ya, bagaimana Anda akan tahu hasilnya jika tidak melihat pengumuman? Ya `kan? Bisa saja, Anda diberitahu oleh teman atau keluarga, tapi tetap mereka sebelumnya juga melihat pengumuman.

Ketika ada pengumuman itu, yakinlah bahwa Anda pasti lolos! Ya, Anda pasti berhasil lolos. Lho, betulan itu Mas? Ya, itu betul! Anda memang lolos. Tapi, bagaimana kalau nama Anda tidak masuk sebagai CPNS? Maka, di sinilah arti berpikir positif, bahwa Anda memang lolos, tapi lolos berkas alias lolos seleksi administrasi! Ya, Anda tidak mungkin ikut tes CPNS, kalau berkas saja tidak lolos. Betul bukan? Jadi, pada proses ini, Anda memang harus berjiwa besar dan berlapang dada, melebihi tanah lapang. Sukses itu memang butuh proses, makanya tidak perlu protes. Mungkin Anda gagal sekarang, tapi di lain waktu mudah-mudahan berhasil. Jika Anda telah berhasil lolos, tidak cuma lolos berkas, maka SELAMAT untuk Anda ya…! Semoga Anda nantinya menjadi PNS yang amanah, kinerja bagus dan dapat melayani masyarakat dengan baik. Jangan lupa, Anda boleh traktir yang sudah menulis artikel ini ya…?! Tidak meminta sih, hanya mengingatkan kewajiban Anda. Hehe…

Itulah 8 tips lolos tes CPNS. Silakan Anda baca berulang-ulang sampai hafal kata perkatanya. Penulisnya saja tidak hafal! Semoga tips kali ini bermanfaat untuk Anda ya…? Boleh dilike dan komentar positif. Jangan lupa, kalau mau dibagikan, dishare dulu ya…? 🙂

Baca Juga:

6 Sifat yang Perlu Anda Perbaiki Saat Jadi Pegawai Baru

12 Langkah Menjadi Pegawai Teladan di Tempat Kerja Anda

 

 

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share This:
error: Content is protected !!