5 Tips Agar Tetap Sehat dan Segar, Meskipun Sering Kerja Malam

5 Tips Agar Tetap Sehat dan Segar, Meskipun Sering Kerja Malam

Share This:

Anda selalu kebagian jatah kerja malam? Atau Anda juga sering kerja lembur di kantor? Umumnya hal itu dekat dengan resiko kesehatan. Silakan simak 5 tips agar tetap sehat dan segar berikut bagi Anda yang sering kerja malam.

1. Pola Makan Perlu Diatur

Meskipun tiap hari kita makan lewat mulut, tetapi yang masuk tetap harus diatur. Ini mungkin bisa lebih gampang daripada mengatur barisan pegawai atau anak sekolah, karena kontrol sepenuhnya ada di tangan Anda. Bagaimana cara mengaturnya? Anda bisa makan malam dengan yang hangat-hangat. Kurangi minuman seperti kopi, teh atau minuman berenergi. Inilah yang cukup berat dilakukan bagi Anda yang sudah terbiasa dengan minuman-minuman itu. Tapi tetap ingat, lebih penting Anda untuk menjaga kesehatan demi masa depan dalam jangka yang panjang, daripada kenikmatan sesaat. Apalagi kalau kenikmatan sesat. Wah!

2. Minuman Sehat Pada Saat Tepat

Malam hari mestinya kita membutuhkan minuman apalagi bila terasa lelah. Lalu, apa minuman terbaiknya di waktu tersebut? Kalau yang sederhana adalah air putih. Lebih lengkap sedikit, jus alami dari buah-buahan segar. Soda dan minuman kemasan lebih baik dihindari.

3. Vitamin Perlu Diminum

Vitamin ini adalah zat yang berasal dari luar tubuh Anda. Salah satu vitamin yang diperlukan ketika kerja malam adalah vitamin B, ditambah kalsium dan magnesium. Vitamin B ada beberapa jenis, di antaranya: vitamin B1, B2, B3, B6, B7 dan B12. Manfaatnya lebih khusus menambah kekuatan otot.

4. Rokok Bukan Kebutuhan Pokok

Mulailah untuk mengurangi rokok. Maksudnya di sini Anda betul-betul mengurangi konsumsi rokok, bukan mengurangi rokoknya teman. Kalau benda yang satu ini, tidak cuma tidak bagus untuk malam, siang hari juga. Sayangilah hidup Anda, meskipun sering kerja malam, karena rokok itu adalah stimulan, yang pada akhirnya akan semakin menambah stres dan memperburuk kondisi kesehatan Anda.

5. Imbangi dengan Aktivitas Fisik

Jalan kaki setiap hari minimal 30 menit sudah cukup membantu Anda dengan aktivitas fisik lho! Apalagi bila usia Anda sudah di atas 30 tahun, perlu memilih olahraga yang tidak berat, tetapi tetap menyenangkan. Jalan kaki sejauh beberapa kilometer mungkin bagus juga. Tapi ingat, untuk kembali ke rumah ya..?

Kerja malam adalah sebuah konsekuensi dari usaha Anda untuk mencari nafkah bagi keluarga. Namun, tetap Anda harus memperhatikan kesehatan Anda. Betapa banyak orang yang kerja tanpa mempedulikan kesehatan, setelah dapat hasil kerjanya, dipakai untuk memperbaiki kesehatan. Kan rugi itu.

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Menghilangkan Malas

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share This:
error: Content is protected !!