15 Tips Menghadapi Anak yang Susah Makan

15 Tips Menghadapi Anak yang Susah Makan

Jika Dirasa Tulisan Ini Bermanfaat, Share Ya!

Apakah kamu pernah mengalami kesulitan dalam memberikan makanan bagi anak yang susah makan? Ini adalah masalah umum yang sering dihadapi oleh para orangtua. Akan tetapi, jangan khawatir karena dalam artikel ini, saya akan memberikan 15 tips cara menghadapi anak yang susah makan.

1. Jangan memaksa anak untuk makan

Memaksa anak untuk makan hanya akan membuatnya semakin enggan dan tidak mau makan sama sekali. Biarkan anak untuk mencoba makanan yang diberikan terlebih dahulu dan berikan waktu untuk menikmati makanannya. Jangan buru-buru mengambil piringnya jika belum dimakan habis.

2. Sajikan makanan yang beragam

menghadapi-anak-susah-makan-1

Dalam memberikan makanan untuk anak, usahakan untuk memberikan makanan yang beragam agar dapat memenuhi kebutuhan gizi si kecil. Sajikan makanan yang berwarna-warni dan menarik perhatiannya. Namun jangan berlebihan dalam memberikan makanan yang manis dan bergula.

3. Berikan contoh yang baik

Sebagai orang tua, kita harus memberikan contoh yang baik dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Anak akan meniru kebiasaan makan orang tua dan akan lebih mudah menerima jenis makanan yang diberikan.

4. Buat suasana makan yang menyenangkan

Buah atau camilan yang disajikan saat menunggu makanan bisa memancing selera. Sehingga membuat suasana makan menjadi lebih menyenangkan dan keingintahuan anak terhadap makanan semakin tinggi.

5. Dukungan dari keluarga dan teman

Dukungan dari keluarga dan teman dapat memotivasi anak untuk makan. Tanyakan pada keluarga atau temannya, makanan apa yang biasa dia makan? Atau ajak anak ke restoran atau rumah teman sehingga anak bisa melihat makanan yang berbeda atau meniru temannya.

6. Mengubah susunan acara makan

menghadapi-anak-susah-makan-2

Susunan acara makan juga mempengaruhi tingkat nafsu makan anak. Jika nafsu makan anak berkurang, susunan makanan bisa diubah seperti sajian makanan pembuka, utama hingga pencuci mulut.

7. Batasi waktu menonton TV

Menonton TV juga bisa mempengaruhi konsentrasi anak saat makan. Jika anak terlalu asyik menonton TV, anak bisa kehilangan nafsu makan. Oleh karena itu, batasi waktu menonton TV dan berikan fokus penuh saat makan.

8. Awali hari dengan sarapan yang sehat

menghadapi-anak-susah-makan-3

Awali hari anak dengan sarapan yang sehat merupakan hal yang penting. Pilih makanan sarapan sehat yang menyenangkan anak seperti roti panggang dengan selai atau buah-buahan segar.

9. Terapkan waktu makan yang konsisten

Terapkan waktu makan yang konsisten dan tetapkan jam makan yang sama setiap harinya. Hal ini dapat membantu anak menghiraukan merasa lapar atau tidak pada jam makan terjadwal.

10. Berikan pujian saat anak berhasil makan

Berikan pujian saat anak berhasil makan atau mencoba makanan baru. Hal ini dapat memberikan motivasi pada anak dan membuatnya lebih bersemangat untuk mencoba makanan yang baru.

11. Gunakan “bentuk-bentuk lucu”

Menggunakan bentuk lucu seperti mengepulkan nasi menjadi bentuk hati atau memotong sayuran menjadi bentuk binatang, akan membantu meningkatkan nafsu makan si kecil. Anak menganggap makanan itu menarik dan menggemaskan.

12. Ajak anak memasak makanan

menghadapi-anak-susah-makan-4

Mengajak anak untuk memasak makanan dapat meningkatkan rasa suka si kecil terhadap makanan. Anak bisa meracik bahan makanan sendiri dan merasa bangga saat makanan yang ia buat disantap.

13. Berikan makan dengan cerita

Berikan anak cerita tentang makanan sehat dan manfaatnya untuk tubuh. Anak akan lebih memahami pentingnya makan makanan yang bergizi untuk tubuh mereka.

14. Perhatikan ukuran porsi makan

Ketika memberikan makanan untuk anak, perhatikan ukuran porsi yang diberikan. Berikan ukuran porsi yang sesuai dengan usianya dan hindari memberikan makanan terlalu banyak.

15. Jangan stres jika anak sulit makan

menghadapi-anak-susah-makan-5

Jangan terlalu stres jika anak sulit makan. Jangan menyalahkan diri sendiri atau menyerah. Cobalah tips yang telah kami berikan dan terus memberikan dukungan pada anak agar ia terus mencoba makanan baru.

Itulah tips-tips yang bisa dilakukan untuk menghadapi anak yang susah makan. Ingatlah bahwa setiap anak berbeda dan mereka membutuhkan waktu dan usaha yang berbeda untuk menerima jenis makanan baru.

Tetaplah sabar dan konsisten dalam memberikan makanan yang sehat dan bergizi untuk anak. Semoga artikel ini bermanfaat bagi orangtua yang sedang mengalami kesulitan dalam memberikan makanan untuk anak-anaknya.

Jika Dirasa Tulisan Ini Bermanfaat, Share Ya!

Silakan tinggalkan komentar

Email aktif kamu tidak akan ditampilkan. Tapi ini mesti diisi dengan benar.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.