Press "Enter" to skip to content

6 Tips Agar Bisnis Makin Kreatif [Tingkatkan Kreativitas Bisnis Anda]

Admin
Share This:

Jelas mungkin Anda tahu bahwa bisnis itu butuh yang namanya kreatif. Bisnis harus mencari cara-cara yang lain daripada yang lain. Bagaimana supaya bisnis makin kreatif? Berikut 6 tips untuk Anda.  

Sebelum Anda menyimak artikel ini sampai selesai, sebenarnya apa sih arti dari kreatif itu? Kreatif atau daya cipta itu bisa Anda lihat definisinya DI SINI. Baiklah, kita mulai petualangan ini! 🙂

1. Meningkat Itu Mulai Dari Cara Pikir

Seorang pengusaha yang kreatif, dalam pikirannya selalu muncul, “Bagaimana caranya meningkatkan ini?”. Tidak pernah puas dengan hasil yang telah didapatkan. Ketika pertanyaan itu terus muncul, maka ide-ide kreatif juga akan ke luar. Akhirnya berefek jadi bisnis makin kreatif.

2. Diskusi Lewat Interaksi

Meskipun Anda seorang pebisnis online, jangan cuma berendam di dalam kamar ya! Sekali-kali Anda perlu ke luar untuk bertemu orang secara langsung. Apalagi kalau orang itu juga seorang pengusaha. Katakanlah dia bukan pebisnis online, dia offline, tapi ilmu bisnisnya `kan juga sudah luar biasa. Anda bisa berdiskusi dengannya untuk mencari ide-ide kreatif yang segar dan menyegarkan.

3. Aktifkan Sesi Rapat, Tapi Longgar [Ide-idenya]

Agar bisnis makin kreatif dan ketika Anda punya tim atau karyawan yang membantu Anda berbisnis, tetapkanlah waktu untuk rapat pengembangan yang tetap, baik waktu maupun tempatnya. Misalnya: Senin pagi atau Jum`at pagi. Terserah Anda dan kesepakatan mereka. Setiap ide yang muncul langsung dicatat. Mungkin itu terdengar ide buruk, tapi selama bisa dilakukan dan hasilnya luar biasa, ya, kenapa tidak?

4. Jalan-jalan Agar Pikiran Kreatif Juga Jalan

Pernah ada orang yang dikatakan katrok? Atau pernah ada orang yang dibilang kurang piknik? Namanya orang kurang piknik, berarti memang sempit pemikirannya. Cuma di rumah atau sekitar rumah. Padahal dunia ini sangatlah luas. Anda perlu jalan-jalan ke tempat-tempat menyenangkan, bertemu orang-orang yang menyenangkan, sehingga pikiran kreatif Anda muncul dan hasilnya menyenangkan.

5. Catat, Catat, Catat

Bila Anda sudah menyiapkan pikiran menampung inspirasi agar bisnis makin kreatif, maka bersiap-siaplah bila ide-ide kreatif itu berdatangan secara bertubi-tubi. Bahkan, itu bisa muncul di saat-saat Anda bersantai atau istirahat. Kalau itu muncul, maka segeralah dicatat. Jangan biarkan dia hilang, seliar apapun ide yang muncul itu. Sekali dia sudah muncul dan tidak Anda ikat dengan tulisan, maka kemungkinan dia akan kembali susah sekali. Ngambek dia!

6. Sikap Menyerah Harus Dibuat Menyerah

Yah, namanya hidup, apapun bentuknya, pastilah tidak langsung jadi. Selalu ada proses, proses dan proses. Apalagi bisnis. Bersabarlah jika bisnis Anda masih datar atau belum jadi kreatif sesuai harapan Anda. Tetaplah melangkah, karena masa depan memang ada di depan, sedangkan masa lalu sudah berlalu. Tetaplah makin kreatif.

Semoga 6 hal di atas bisa menjadi modal dan dasar Anda untuk berbisnis. Tetap makin kreatif agar bisnis Anda selalu menghasilkan secara positif.

Baca Juga:
Pakai Setelan Jas, Jualan Tahu Jadi Terlihat Lebih Bermutu

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share This:
error: Content is protected !!