Yuk, Pilih 5 Bisnis Menguntungkan Ketika Lebaran!

Yuk, Pilih 5 Bisnis Menguntungkan Ketika Lebaran!

Share This:

Bulan puasa Ramadhan sebentar lagi akan terbang kembali ke peraduannya. Meninggalkan kita yang akan diguyur dengan bulan-bulan selanjutnya. Lebaran akan tiba. Adakah bisnis yang menguntungkan ketika lebaran? Nah, simak 5 jawaban berikut ini ya!

Momen lebaran memang berbeda daripada hari-hari biasanya. Mudik, itu yang paling kelihatan. Kembali ke kampung halaman. Tentu, masih ada yang bilang, mau pulang kampung halaman, tapi tidak tahu halaman berapa? Haha… Tidak ada guyonan yang lain apa?

Bila kamu tertarik dengan dunia usaha, apalagi mau mencari bisnis yang menguntungkan ketika lebaran, ada 5 jenis yang bisa kamu coba. Atau kalau kamu sudah melakukannya, ya, boleh jadi ambil bisnis yang lain. Melebarkan sayap. Biar tidak tembus ke samping! Ihh, apaan sih? Ini dia 5 bisnis yang menguntungkan ketika lebaran.

1. Rental Kendaraan Bermotor

Rental Kendaraan Bermotor
Rental kendaraan bermotor memang perlu perjanjian terlebih dahulu.

Bisnis menguntungkan pertama adalah rental kendaraan bermotor, tentunya ini termasuk sepeda motor dan mobil. Kereta kuda, sepeda, apalagi pesawat (drone) jelas tidak termasuk. Nah, rental akan masih menjadi lirikan alias primadona bagi keluarga yang memang tidak memiliki kendaraan. Mereka tinggal sewa, bikin perjanjian, bayar duluan, lalu kendaraan itu bisa dibawa deh.

Baca Juga: 5 Proses Penting Bagi Kamu yang Buka Bisnis Online

Harga sewanya bisa 300 – 400 ribu perhari boleh itu. Tergantung jenis mobilnya sih. Kalau kamu bikin usaha rental Alphard, jelas tidak akan semahal, eh, semurah itu kan…?!

2. Jasa Menjaga Hewan Peliharaan

Jasa Menjaga Hewan Peliharaan
Mungkin kucing ini langsung kaget begitu lihat pengaruh barunya yang sementara.

Hewan itu adalah sahabat manusia. Sebenarnya lho ini. Tapi hewan apa dulu ya? Hehe…

Penitipan hewan atau menjaga hewan peliharaan termasuk bisnis yang menguntungkan ketika lebaran lho! Kan biasanya, orang-orang yang mudik itu tidak bawa hewannya. Susah apalagi kalau naik kendaraan umum. Makanya itu, hewan harus tetap dijaga supaya hidup. Inilah peluang bisnis bagi orang-orang yang berperikehewanan.

Sebelum pemiliknya pergi, pastikan kebutuhan uang untuk beli makanannya cukup ya..! Jangan malah kamu yang dibebankan buat beli makanan segala macam. Kalau sudah disiapkan pemiliknya, maka kamu akan lebih tenang. Hewan pun ikut tenang karena kebutuhannya lebih terjamin. Jangan sampai, lah, hewan itu pergi sendiri ke minimarket buat cari jajanannya.

Baca Juga: 5 Cara Sukses Bisnis Sampingan Karyawan, Begini Rahasianya!

Harga yang bisa kamu tawarkan antara puluhan sampai ratusan ribu, lagi-lagi disesuaikan dengan hewannya. Oh, ya, tidak cuma itu, sebisa mungkin, pastikan kesehatan hewan itu ya! Tidak seru kan kalau hewan itu malah bikin penyakit menular. Masa mau ada superhero baru lagi??

3. Bikin Kue atau Parcel Lebaran

Bikin kue atau parcel lebaran
Bikin kue atau parcel lebaran memang capek sih, tapi jangan lihat capeknya itu, lihatnya lelahnya, dan tentu saja rasanya, Sist!

Nah, yang satu ini, tidak bisa tidak, harus ada dalam setiap lebaran. Kue-kue lebaran yang warnanya menarik, mulus, halus, sedap dan memang enak disantap, tersaji dalam toples-toples yang menawan. Waow… Namun, hindari prasangka buruk ya menghadapi kaleng Khong Guan. Jangan langsung kamu mikir pasti rengginang ini! Bisa jadi isinya bukan itu. Bukan rengginang, melainkan remah-remahnya saja. Wah, habis dong! Hehe…

Tidak setiap orang pandai dan pintar membuat kue. Jika kamu punya keahlian itu, sikat saja! Atau, tidak pula setiap orang, atau emak-emak punya waktu bikin kue. Nah, itu akan jadi peluangmu. Bikin kue yang enak, mengenyangkan, terus pas disantap waktu lebaran.

Terus, bikin parcel juga butuh keahlian khusus lho! Menata makanan-makanan cantik di dalam kemasan menarik, itu memang tidak gampang. Apalagi kalau wadahnya tidak terlalu besar, makanan apa saja yang bisa ditempatkan di situ, itu akan jadi sumber kreativitasmu. Pastikan ya, makanan-makanan itu tidak kadaluarsa. Karena mungkin saja, ada makanan yang habis masa berlakunya, masih juga mau dibisniskan. Tentunya, itu cuma untuk makanannya lho! Bisnismu sendiri jangan sampai kadaluarsa! Sip!

4. Jasa Laundry

Jasa Laundry
Mungkin ini adalah gambar pengusaha jasa laundry yang sangat menikmati bisnisnya!

Pakaian menumpuk, menggunung, bahkan “melebihi” Gunung Semeru, tentu membutuhkan penanganan dan pengkakian. Tangan dan kaki ikut bekerja maksudnya. Tapi dan tapi, siapa yang mau mengerjakan? Sementara banyak pembantu rumah tangga pulang ke kampung halamannya. Nyonya rumah tahunya beres saja dengan semua cucian itu, kotor, tinggal lempar. Bersih dan rapi, tinggal pakai.

Baca Juga: Kamu Cocok Jadi Atasan Atau Bawahan?

Ini jadi bisnis yang menguntungkan ketika lebaran pada poin selanjutnya, bisnis jasa laundry. Toh, tetap tuan rumah akan merasakan manfaatnya, cucian kotor jadi bersih kembali. Agar lebih mantap lagi, pasang pula jasa cuci + setrika. Orang-orang yang memang butuh bantuan dicucikan pakaiannya, kiranya tidak keberatan kok, bahkan membayar sedikit lebih mahal, asalkan bisa selesai cepat dan memuaskan.

Ingat, maksimal cuma jasa cuci + setrika, jangan sampai ditambahi lagi dengan jasa memakaikan baju! Walah… Nggak ikut-ikut kalau yang begini ini! Hehe…

5. Jasa Penitipan Oleh-oleh

Jasa Penitipan Oleh-oleh
Bisnis ini cocok untuk mereka yang tidak mau repot jalan-jalan, tapi ingin oleh-oleh juga, tentu harus bayar ya.

Sampai poin ke lima bisnis yang menguntungkan ketika lebaran ini, sepertinya bisnis jasa semua ya? Yang sekarang apalagi nih? Mau nyoba? Ini lho bisnis jasa penitipan oleh-oleh. Lho, bukannya oleh-oleh itu aslinya gratis dikasih orang, kok malah ini dibisniskan?

Bisnis jasa ini lebih cocok bila daerah tempat kamu mudik memang terkenal dengan oleh-oleh khasnya. Misalnya, Jogja dengan oleh-oleh gudeg dan aneka banyak makanan lain. Kamu tinggal promosi saja lewat Facebook atau Instagram, itu sudah cukup. Fotokan oleh-oleh itu, dan tunggu respons dari followersmu. Naikkan harganya sedikit, jika makanan itu memang akan dijadikan jasa titip. Yah, hitung-hitung jalankan bisnis ini, kamu jalan-jalan cari oleh-oleh, eh, dibayar juga sama orang. Haha… Asyik kan?

Terakhir, untuk memulai bisnis-bisnis di atas, perlu juga kamu observasi alias survei sedikit-sedikit lah, kalau ada bisnis yang sejenis. Ini menyangkut harga penawaran kamu, pantasnya berapa? Wajarnya berapa? Jika belum ada, itu jauh lebih bagus, karena kamu akan jadi portir, eh, maksudnya pionir. Tentu, itu bukan berarti kamu juga jadi pion lho! Karena setiap pengusaha, meskipun masih kecil, dia adalah bosnya. Rajanya. Sedangkan karyawan, meskipun gajinya luar biasa besar, tetapi dia tetaplah ekor.

Semoga sukses dan menjalankan 5 bisnis di atas tersebut ya. Jadikan lebaran kali ini, bisa juga untuk menambah penghasilan. Assyikkk….

Baca Juga: 5 Strategi Aman Secara Finansial

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share This:
error: Content is protected !!