Mau Buat Toko Online? Kenali Dulu 4 Hal Berikut Ini!

Mau Buat Toko Online? Kenali Dulu 4 Hal Berikut Ini!

Share This:
Berpikir Boleh, Pusing Jangan!

Untuk bisa berbisnis online, salah satu hal yang sebenarnya harus ada adalah toko online. Media itulah yang menampung produk atau jasa Anda. Namun, sebelum Anda benar-benar membuatnya, kenali dulu 4 hal berikut ini! 

1. Lihat Kondisi Pasar Untuk Produk/Jasa Kamu

Tulis dengan Sebaik-baiknya! Digambar Juga Boleh.

Ada permintaan, ada penawaran. Ini adalah pelajaran Ekonomi yang pernah Anda ikuti waktu di sekolah `kan? Atau jangan-jangan Anda bolos pas pelajaran ini? Hehehe…

Nah, sampai sekarang, ini masih berlaku dan sebenarnya tidak cuma untuk bisnis online, bisnis offline juga. Pasarnya gimana? Apakah ada orang yang kira-kira mau beli produk kita? Kalau sekarang sih, cukup banyak produk yang bisa Anda jual dengan melihat tren. Nah, yang cukup terpercaya untuk cari tren saat ini adalah lewat Google Trends. Coba Anda masuk KE SINI untuk langsung tahu.

2. Cari Calon Konsumen

Cari Konsumen Boleh, Ketumpahan Kopi Jangan! Hehe…

Setelah pasarnya dilihat dan ada peluang untuk itu, maka langkah selanjutnya adalah mencari calon konsumennya. Ini sedikit berbeda dan lebih fokus daripada poin pertama di atas ya, Sobat. Untuk langkah yang ini, terlebih dahulu kita berpikir, apakah produk kita bisa menyelesaikan masalah-masalah calon konsumen kita? Misalnya: kita mau jual hijab. Apakah produk hijab kita nantinya bisa adem, tidak panas, nyaman dan enak dipakai? Apakah sudah sesuai syariat Islam? Mau tahu yang bagaimana itu sesuai syariat Islam? Anda boleh langsung KE SINI.

3. Produk dan Bisnis Anda Harus Ada Perkembangan

Wah, Ini Orangnya Ke Mana Ya?

Contoh bisnis yang tidak ada perkembangan itu adalah bisnis batu akik. Semurah-murahnya Anda jual batu akik, dijamin sudah jarang sekali orang mau beli. Kenapa? Ya, jelas, karena bisnis batu akik cuma tren sesaat. Anda perlu cari bisnis yang masih sangat dibutuhkan untuk jangka panjang. Produk-produk macam kosmetik, parfum, pakaian, itu masih akan terus dicari orang. Setelah itu, Anda perlu masuk ke poin ke empat.

4. Strategi Anda Mengembangkan Bisnis

Strategi Harus Matang, Kalau Telur Bisa Setengah Matang

Namanya produk yang dibutuhkan pasar dan dicari konsumen, pastilah muncul banyak saingan. Tapi sebenarnya itu tidak terlalu jadi masalah, kalau Anda pandai ambil strategi buat mengembangkan bisnis. Lalu, bagaimana strateginya? Sobat, bisnis itu tidak cuma cari uang, tapi juga cari pengembangan diri kita. Para pengusaha itu kok makin kaya saja? Ya, karena wawasan atau pengetahuan mereka juga makin lengkap. Belajar strategi, boleh Anda mulai dari baca buku, datang seminar atau ikut-ikut forum-forum bisnis di internet dan lain-lain.

Pokoknya, sukses untuk Andaya, Sobat!

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share This:
error: Content is protected !!