Press "Enter" to skip to content

Temukan 5 Kiat Sukses Bisnis Online Dari Michael Sugiharto

Admin
Share This:

Sudah tahu siapa itu Michael Sugiharto? Kalau belum tahu, beliau adalah direktur bisnis strategis di Outletz dan seorang mentor di Digimaru. Nah, kali ini, karena beliau lebih berpengalaman daripada saya, akan dibagikan 5 kiat sukses bisnis online untuk kamu semua. Mau tahu apa saja? Yuk, meluncur di bawah ini!

1. Fokus Bisnis Mau Ke Mana?

Ini dia yang jadi awalnya kiat sukses bisnis online, jadi pondasinya, jadi dasarnya, jadi bagian pertamanya. Banyak sekali bisnis online yang bisa kamu jalankan. Dari sekian banyak itu, mana yang mau kamu pilih? Temukan gairahmu sekarang juga! Atau masih kurang bergairah? Wah!

Biar lebih enak, jalani bisnis itu memang berdasarkan hobi. Nantinya, kamu akan merasa enjoy saja kalau misalnya belum ada pemasukan. Namanya juga hobi, pastilah kamu gemari. Apalagi kalau dibayar dan jumlahnya banyak! Waow… Makanya cocok memang, pekerjaan paling menyenangkan di dunia ini adalah hobi yang dibayar.

2. Siapa Mentor Bisnis Kamu?

Kiat sukses bisnis online selanjutnya adalah cari dulu contoh atau orang yang sudah berhasil di bisnis online baru kamu. Misalnya, yang sudah punya penghasilan ratusan juta, puluhan juta, satuan juta, atau berapapun, yang penting sudah kelihatan sukses. Terus, coba kamu kontak dia, minta belajar. Biasanya, orang yang sukses itu terbuka kok untuk membagikan ilmunya. Malah cukup banyak media yang membantu mengenal mereka. Lha, kalau mereka tidak membuka diri, siapa juga yang mau mengakui kalau mereka sudah sukses? Betul ‘kan?

3. Siapa Target Market Bisnis Online?

Tidak semua lho, bisnis online kamu diminati orang. Maksudnya, tidak semua orang akan bisa jadi target market kamu. Tentukan dari sekarang, kamu mau jual ke siapa saja? Contohnya: jilbab. Kamu mau jual ke semua perempuan, belum tentu mau, lho! Bahkan ke muslimah sendiri, karena masih banyak yang belum pakai jilbab. Belum cocok pakai jilbab, katanya. Terlalu luas target market itu jelas bukan termasuk kiat sukses bisnis online.

Menentukan target market perlu dilengkapi dengan usia, latar belakang, pendidikan, pekerjaan, minat, hobi, tempat kumpulnya, orientasinya dan lain sebagainya. Makin lengkap dan detail target market kamu, maka bisnis online kamu akan makin menyenangkan.

4. Apa Kategorinya?

Biasanya bisnis itu terbagi dua, satunya barang, satunya jasa. Itu termasuk dua kategori yang berbeda. Barang itu ya sudah ada wujudnya, jasa itu juga ada wujudnya, tapi tidak kelihatan. Sampai di sini, kategori bisnis yang kamu inginkan itu apa?

Contoh: kamu bisnis sepatu. Itu kan kategori barang ya? Setelah berkembang, kamu bisa tambah dengan bisnis jasa cuci sepatu, lukis sepatu atau apapun seputar sepatu. Jelas itu adalah sepatu manusia ya, bukan sepatu kuda, apalagi sepatu kaca.

5. Apa Saluran Penjualannya?

Namanya bisnis online, pasti banyak sekali saluran penjualannya. Biasanya sih lewat Facebook, Instagram, BBM (berarti kamu jualan di Pertamina ya?), email, Telegram, Whatsapp dan lain sebagainya. Banyaknya saluran itu mungkin membuat kamu bingung, agar bisa masuk kiat sukses bisnis online, yang mana dipakai duluan?

Solusinya, ya, pilih salah satu saluran dulu. Misalnya: Facebook. Kamu pelajari deh tentang Facebook itu. Dari Facebook organik alias gratisan sampai ke berbayar alias Facebook Ads. Itu saja sudah luas banget lho! Lebih luas daripada sawah kakekmu dulu. Hehe….

5 kiat sukses bisnis online di atas memang berangkat dari teori dan praktek oleh Michael Sugiharto, yang telah cukup lama berbisnis online. Kalau kamu mau mempraktekkan 5 kiat di atas, ya, silakan dan sangat diperbolehkan. Semoga berhasil dan sukses!

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share This:
error: Content is protected !!