Kupas Tuntas Blog Susanto Dotcom

Kupas Tuntas Blog Susanto Dotcom

Share This:

Melihat tantangan pada grup Cakrawala Blogger Guru tentang mengulas tuntas blog Pak D Susanto, saya jadi ikut tertarik. Seperti apa sih dalamannya dari blog tersebut?

Seperti blog pada umumnya, blog Pak D Susanto dengan domain blogsusanto.com itu bisa diakses di internet kok. Asalkan punya paket data, atau nebeng WiFi tetangga, blog tersebut bisa dibuka. Tapi, kalau tidak bisa dibuka, maka silakan minta ke Pak D Susanto untuk membelikan paketmu.

Warna Dominan

Setiap website pastilah punya warna dominan. Pada blog Pak D Susanto, warna yang tampak adalah biru, hitam dan putih. Perpaduan yang pas hingga menjadi cinta segitiga di antara tiga warna tersebut.

Baca Juga: [Coba Simak] 3 Alasan Ijab Qabul Diulangi

Latar atau background putih memang cocok untuk segala warna. Begitu juga dengan web saya ini. Sebab, kalau pakai warna hitam, khawatirnya jadi banyak nyamuk. Coba, ruangan kamarmu dicat hitam, pastilah banyak nyamuk. Mungkin warna blog juga akan begitu. Ya ‘kan?

Kemudian, warna yang dipakai adalah biru tua. Hem, apakah biru tua itu umurnya memang setua Pak D Susanto? Ini pertanyaan yang memang sulit untuk dijawab. Tapi toh ditanyakan juga. Jadi, bagaimana itu?

Headline

Kalau website selain warna yang dominan atau warna yang mudah diingat, kecuali kalau lupa, maka perlu yang namanya headline. Atau boleh juga disebut dengan tagline. Blogsusanto.com mempunyai tagline “Blognya Pendidik yang Mencintai Pendidikan dan Pembelajaran.” Sungguh cocok dengan profesinya sebagai guru. Antara mendidik dan mengajar ternyata berbeda. Makanya, dijadikan dua di situs tersebut.

Terus, apa bedanya antara pendidikan dan pembelajaran? Bedanya tentu saja ada di tulisannya. Selain itu, pendidikan adalah menjadi jabatan menteri, sedangkan pembelajaran belum pernah menjadi nama jabatan apapun. Pendidikan biasanya dilakukan oleh guru, yaitu: mendidik. Sedangkan pembelajaran biasanya dilakukan oleh murid, yaitu: belajar. Benar begitu toh Pak D?

Logo Website

Logo juga memegang peranan penting dari sebuah blog/website. Logo adalah pembeda dengan website lain. Untuk membuat logo memang tidak perlu mahal. Tidak harus seperti logo-logo perusahaan besar yang harganya bisa miliaran rupiah itu. Logo bisa kok dibuat murah, bahkan didesain sendiri. Perkara jelek atau tidak bagusnya, itu urusan nanti. Yang penting didesain dulu. Ya ‘kan?

Pada blogsusanto.com, logo yang dipakai adalah tinta bulu dengan botol tinta. Ini simbol menulis di zaman dulu. Pada era itu, belum ada pulpen, belum ada spidol, belum ada cat air, tentu juga belum ada komputer. Kalau blogsusanto.com ini mungkin sudah ada waktu zaman tinta bulu itu ya?

Menggunakan tinta bulu semacam itu, jika suntuk atau bingung mau menulis apalagi, tinggal masukkan bulunya ke lubang hidung. Makin lama, hidung akan terasa geli. Setelah itu, biasanya akan bersin. Nah, kalau sudah bersin, maka ucapkanlah, “Alhamdulillah.”

Terus, apakah selanjutnya tidak bingung lagi menulis? Ya, tidak tahu. Yang penting bersin dulu, lah.

Menu Website

Seperti saat kita datang ke restoran, baik dalam rangka ditraktir atau awalnya memang minta ditraktir, maka kita akan disajikan menu-menu yang ada melalui kertas tebal atau buku besar. Nah, kalau sudah disodorkan begitu, jangan tanya, “Mbak, di sini yang tidak ada apa ya? Saya mau pesan satu!” Atau seperti ini, “Mbak, menu yang sudah habis apa ya? Saya minta dua ya, Mbak!”

Nah, sudah makanannya habis, mau minta lagi. Siapa itu ya?

Baca Juga: Membeli Buku Bajakan, Termasuk Terbitan Mizan, Entah Apa yang Merasukimu, Kawan?

Begitu juga pada website blogsusanto.com tentang menu-menunya. Ada tujuh menu yang berbaris rapi, tanpa diperintah oleh seorang pemimpin barisan. Menu-menu tersebut di antaranya adalah: HOME, PROFIL, ARTIKEL, GRUP MENULIS, PEMBELAJARAN, KEPEGAWAIAN, SAHABAT SUSANTO. Kita coba masuki satu per satu yuk!

HOME

Pada menu ini, saya melihat ada beberapa judul tulisan. Contohnya: Ulang Tahun Alfa Andriyani, membahas tentang kelas 6, PLN Padam Semua Kesal, Hapeku Mana Yah? (Mana kutahu?), dan membahas kelas 6 lagi. Seperti itulah yang ada. Selengkapnya cek sendiri ke websitenya ya!

Tapi, kok di HOME ini saya tidak melihat gambar previewnya ya? Apakah sengaja cuma judul dan sedikit kalimat awal? Mungkin akan lebih baik kalau ada gambar previewnya. Sekadar untuk menarik minat pembaca atau pengunjung website. Yah, jangan besar-besar, lah. Masa gambar preview kok sebesar websitenya? Susah ‘kan?

PROFIL

Mau melihat profil dari Pak D Susanto? Beliau adalah guru SD Negeri Mardiharjo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Musi Rawas (2017-sekarang). Luar biasa, sudah jadi blogger sejak tahun 2009. Hem, waktu itu saya sudah lahir atau belum ya? Sepertinya kok sudah.

Ada beberapa SDN yang pernah menerima ilmu dari beliau. Beda sekolah, pastilah ada kekhasan masing-masing.

ARTIKEL

Sebuah blog, sebagian besar isinya adalah tulisan. Sedang tulisan, ditempatkannya di blog. Memasuki menu ARTIKEL, saya menemukan judul “Resensi Buku Pahlawan Antikorupsi”. Waow, seorang pembaca buku memang akan lebih mantap kalau meresensi atau mengulas buku yang pernah dibacanya! Namun, sampai sekarang, saya belum pernah menemukan ada seorang penulis yang meresensi buku nikahnya! Atau yang merasa isi buku nikahnya kurang tebal. Maunya setebal novel kali ya?

Ada juga tulisannya yang mau diikutkan di lomba blog ASUS. Waow, semoga bisa menang, Pak D Susanto! Memang tantangan penulis blog atau blogger adalah mencoba kemampuannya dalam mengikuti lomba blog. Jangan lomba masak terus ya! Masak air, kok hasilnya gosong? Pasti tidak seru ‘kan?

Masih ada beberapa tulisan atau artikel lain. Langsung saja simak di blogsusanto.com.

GRUP MENULIS

Beliau ini bergabung bersama saya di grup Whatsapp “Cakrawala Blogger Guru”. Pada menu ini, beliau menulis tantangan-tantangan yang ada pada grup tersebut. Selain itu, juga di grup menulis lainnya. Mantap juga. Mengikuti grup menulis memang bisa meningkatkan kemampuan kita dalam menulis. Beda kalau ikut grup ngerumpi. Maka mulut kita mungkin akan makin panjang karena suka membicarakan kehidupan orang lain. Atau bahkan jempol kita yang makin panjang saking seringnya ghibahin orang. Walah.

PEMBELAJARAN

Enaknya menjadi guru sekaligus blogger adalah materi kepada para murid bisa ditampilkan di website. Apalagi di era pandemi ini, pembelajaran masih serba online atau daring. Blogsusanto.com menampilkan materi-materi pelajaran untuk kelas 6 SD. Sangat menarik ketika membuka salah satunya. Ada materi berupa tulisan, ada juga video. Tinggal pilih saja. Asal jangan memilih untuk tidak belajar ya!

KEPEGAWAIAN

Bagaimanapun, seorang guru pada dasarnya adalah pegawai. Ini maksudnya bukan artinya pegadget! Soalnya gadget kalau dibahasaindonesiakan artinya adalah gawai.

Baca Juga: Renungan Penuh Hikmah Saat Mengambil Uang di ATM

Menu ini menampilkan profesi guru semacam Pak D Susanto yang berkaitan dengan sertifikasi guru. Mengikuti sebuah kegiatan, tentunya juga kalau ada sertifikatnya akan lebih bagus. Itu sebagai bukti sudah pernah ikut kegiatan, sekaligus bukti bahwa memang ada sertifikatnya.

SAHABAT SUSANTO

Sekarang eranya bukan lagi kompetisi, melainkan kolaborasi. Sebab kalau kompetisi, kesannya saling mengalahkan. Bahkan saling menjatuhkan. Kalau jatuh cinta sih, itu mending, tetapi kalau jatuh betulan, siapa yang mau tolong?

Blogsusanto.com menampilkan beberapa website yang menjadi mitranya. Di antaranya: infopenida.com, untuk paket tours. Ada juga calonsiswa.com, seputar wisata Indonesia. Jagoanbanten.blogspot.com, eigendomo.com, praszetyawan.com, ketiganya adalah blog-blog guru yang luar biasa, menjadi satu grup bersama saya dalam belajar menulis bersama Om Jay dan PB PGRI gelombang ke 16.

Page Website

Ada menu, ada juga page atau halaman website. Bedanya di mana? Saya sendiri tidak terlalu paham, yang jelas menurut saya, beda tulisannya.

Page website blogsusanto.com menampilkan About Me, Contact, Disclaimer, Partner Blogger hingga Sitemap agar bisa dibaca oleh Google.

Bagian Footer

Website ini cukup cantik dan pas dibuka di HP alias sudah mobile friendly. Rupanya, sudah menggunakan theme wordpress khusus. Ini bagus, jadi lebih meningkat dibandingkan blogspot. Kalau pakai platform blogspot, sering saya temukan tulisan yang kecil sekali dibuka di HP. Tidak mobile friendly. Akhirnya saya cubit layar, agar jadi membesar. Bukan cubit orangnya lho!

Selain itu, pada bagian ini juga profil Pak D Susanto di media sosial. Di situ ada Facebook, Twitter, Instagram dan YouTube. Lengkap sudah. Tinggal TikTok yang belum ada. Halah, tidak usah, lah. Terlalu banyak medsos, bikin napas ngos. Maksudnya ngos-ngosan, terutama dalam merawat dan menjaga kontennya.

Kesimpulan

Secara umum memang sudah bagus website blogsusanto.com ini. Domainnya sudah tidak ada embel-embel sebagai subdomain, seperti .blogspot.com atau .wordpress.com. Nama domain yang tanpa embel-embel semacam itu bisa jadi branding buat pemiliknya. Namanya blogsusanto, ya, yang punya hanya Pak D Susanto, bukan Bu Susanti. Begitu sepertinya.

Sukses terus buat saya, eh, buat Pak D Susanto dengan websitenya.

Baca Juga: 7 Manfaat Apel Pagi

kamis-menulis

Share This:

14 Comments

  1. Tulisan khas Mas Rizky emang bikin senyum2 sendiri, kocak, Ambu suka sekali eh berkali-kali sukan, hahaha…
    Yup, memang blog Pak D mantap yah.. Ambu blm bisa seperti itu. Emang gak akan bisa, soalnya Ambu mah punya blogspot, Pak D pake WP, kyk kolam ma laut, jauhhhh…hehehe..

      1. Iya blog ambu kan gratisan baru segede kolam kecil. Kalo domain sendiri kan tak berbatas kyk lautan luasnya, hehe..

  2. Jika jadi pengawas model begini pasti favorit guru- guru dan KS. Banyak joke yang bikin senyum….tapi komplit menunya …..kayak di warung sebelah.

  3. Enak Sekali membaca ulasannya dari Pak Rizky.
    Ada puncline yang menggelitik…. Hehehhe
    Sehat selalu Pak

  4. Wah ulasannya keren bangettt. Sukses pak Rizki. ANDA LUAR BIASA HEBAT. Sy new blogger (hi hi hi blm pantas disebut blogger).

Silakan tinggalkan komentar

Email aktif kamu tidak akan ditampilkan. Tapi ini mesti diisi dengan benar.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!