7 Manfaat Apel Pagi [Yang Mungkin Jarang Terpikirkan Orang]

7 Manfaat Apel Pagi [Yang Mungkin Jarang Terpikirkan Orang]

Share This:

Tiap pagi, hampir di setiap kantor, selalu ada apel. Tentu itu bukan nama buah, melainkan suatu kegiatan untuk mengumpulkan seluruh pegawai dalam satu barisan. Lalu, apa manfaat apel pagi itu? Simak 7 manfaat apel pagi berikut ini.

1. Kesehatan Tulang

Kesehatan Tulang
Kesehatan Tulang Jelas Berguna Untuk Anda

Ketika sekolah dulu, mungkin ada penjelasan tentang manfaat vitamin D. Vitamin ini erat kaitannya dengan pertumbuhan, maupun kesehatan tulang. Nah, rupanya, sinar matahari yang masuk ke dalam kulit ketika Anda apel pagi itu cukup bagus untuk tubuh. Bahkan, penelitian lebih jauh, bahwa vitamin D yang terbentuk dalam tubuh itu tidak hanya untuk tulang. Kalau ingin detailnya, silakan masuk DI SINI. Makanya, ketika Anda rajin apel pagi, maka kemungkinan Anda mendapatkan vitamin D secara baik akan lebih terpenuhi. Asal jangan sampai Anda berpikiran bahwa vitamin D itu artinya Dijemur!

2. Mirip Olahraga Ringan

Duduk di Kantor
Hati-hati Duduk di Kantor Selama Berjam-jam.

Mungkin Anda ketika bekerja, tentu, Anda duduk di kantor berjam-jam. Mungkin Anda sedang mengetik, membuat tabel, menata website kantor atau yang lainnya, intinya Anda duduk. Mau tahu bahayanya jika Anda duduk terlalu lama? Silakan simak DI SINI.

Nah, ketika Anda apel pagi, memberikan kesempatan bagi tubuh Anda untuk berdiri sejenak dengan tegak. Efeknya mirip olahraga ringan. Mungkin bisa dianggap meregangkan otot tubuh. Coba lihat aktivitas Anda. Ketika di rumah, duduk. Berkendara, duduk juga. Di kantor nantinya duduk juga. Di mesjid setelah sholat berjamaah, duduk. Coba Anda hitung sendiri, berapa total waktu Anda duduk dalam satu hari? Banyak juga, `kan? Itupun mungkin bukan dalam posisi yang tegak.

3. Menaikkan Personal Branding

Personal Branding
Tingkatkan Terus Personal Branding Anda!

Anda ingin jadi pegawai teladan? Anda ingin jadi contoh bagi rekan kerja yang lain? Jadilah Anda orang yang sering apel. Usahakan untuk ikut tiap hari. Jika Anda sering ikut apel, maka itu tandanya Anda orang yang berdisiplin. Cap sebagai orang yang berdisiplin itu tidak gampang didapatkan, lho! Ketika Anda dikenal sebagai orang berdisiplin, maka pimpinan atau atasan Anda akan senang. Karena tahu bahwa saat Anda diberikan pekerjaan, pastilah bisa diselesaikan dengan disiplin pula. Akhirnya, personal branding Anda akan meningkat. Sebelumnya, apakah Anda tahu personal branding itu? Jika belum, atau masih ingin tahu lebih dalam, boleh langsung meluncur DI SINI.

4. Belajar Strategi Perang

Lho, apa maksudnya ini? Ini bahas apel pagi, kok sampai perang juga? Ya, maksudnya begini, ketika Anda akan melakukan apel pagi di kantor, maka Anda harus memperhitungkan waktu. Contohnya, waktu sudah jam 06.30 atau 06.45. Sementara karena suatu hal, Anda belum sarapan. Kalau belum sarapan, ya, kemungkinan besar, belum juga BAB.

Untuk melakukan perjalanan dari rumah ke kantor, membutuhkan 20 menit. Itupun kalau tidak macet. Lalu, solusinya bagaimana? Terlebih bila Anda mempunyai anak yang harus diantarkan ke sekolah. Saat itu, mungkin Anda langsung stres. Apalagi kalau konsekuensi tidak apel akan memotong tunjangan Anda nantinya, bisa tambah stres Anda.

Saat itulah, Anda sedang belajar strategi perang. Terutama perang untuk menaklukkan diri sendiri. Mengatur waktu yang paling pas agar Anda bisa ikut apel pagi, itu membutuhkan strategi yang cukup luar biasa. Apakah Anda tetap akan sarapan, tidak mencuci kendaraan terlebih dahulu, atau biarlah anak diantarkan pasangan, atau yang lain? Semuanya membutuhkan strategi yang cukup cepat, tetapi harus tepat.

Ketika Anda sudah terbiasa untuk berpikir cepat, tepat, tetapi tidak nekat, maka Anda sedang belajar kunci sukses penting dalam hidup ini, yaitu: strategi perang untuk menaklukkan diri sendiri.

5. Menambah Cinta

Menambah Cinta
Segera Dihalalkan Agar Semakin Menambah Cinta!

Nah, ini bagian yang cukup spesial. Misalnya, Anda suka atau naksir dengan teman kerja. Tapi, tidak mau menempuh jalur pacaran. Anda punya keinginan untuk menikahinya. Nah, ketika Anda sering ikut apel, maka bisa jadi cinta Anda tidak bertepuk sebelah tangan. Ya, karena Anda telah dicap sebagai orang yang disiplin. Waktu kerja, aturan kerja atau ketentuan kerja berupa apel pagi hari saja bisa Anda jaga, apalagi dia nantinya. Eeeaaa…

6. Meningkatkan Kualitas Kantor

Meningkatkan Kualitas Kantor
Banyak Pohon di Sekitar Kantor, Bisa Buat Kotor, DIbersihkan Agar Meningkatkan Kualitas Kantor

Kantor tempat Anda bekerja mungkin selalu ada biaya renovasinya. Itu bisa Anda pakai kalau Anda sering ikut apel pagi. Otomatis, perhatian Anda tidak hanya kepada atasan atau pimpinan yang berdiri di paling depan. Tapi juga kepada bangunan kantor Anda.

Bisa jadi, Anda temukan ada bagian-bagian tertentu yang butuh sedikit perbaikan. Atau dapat pula masalah kebersihan. Ada sampah-sampah yang menumpuk di sisi samping kantor, terlihat ketika Anda apel. Maka bisa Anda bersihkan bersama rekan kerja lainnya. Jadi, perhatian Anda terhadap kantor akan membuat kantor lebih nyaman dipakai kerja.

7. Kalau Apel Pagi Bisa Disiplin, Harusnya Ibadah Juga

Ini yang mungkin belum dipahami banyak orang, terutama para pegawai. Kalau apel bisa disiplin, harusnya ibadah terutama sholat lima waktu di masjid juga harus begitu. Misalnya ketika kita sedang ada pekerjaan di kantor, adzan memanggil, semestinya kita disiplin dengan mendahulukan panggilan adzan itu. Bukankah kedudukan Allah itu jauh lebih tinggi dari semua pimpinan kita?

7 manfaat apel pagi di atas, sebenarnya ada kemungkinan bisa lebih. Tapi belum terpikirkan oleh saya. Hehe… Mungkin Anda mau menambahkan? Silakan di kolom komentar.

Yah, semoga kita bisa menjadi orang yang semakin berdisiplin, terutama mengemban amanah kita sebagai pegawai dengan mengikuti apel pagi. Sukses untuk Anda semua!

Baca Juga: 12 Langkah Menjadi Pegawai Teladan di Tempat Kerja Anda

 

 

 

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share This:
error: Content is protected !!