Ikut Pendaftaran CPNS 2019 Online Demi Siapa Sih?

Ikut Pendaftaran CPNS 2019 Online Demi Siapa Sih?

Share This:

Waow… Musimnya pendaftaran CPNS 2019 Online ini sekarang. Banyak sekali yang berkeinginan untuk mendaftar. Mungkin kamu di antaranya?

Ya, ya, ya…

Menjadi seorang CPNS atau abdi negara masih menjadi primadona bagi masyarakat kita. Utamanya anak muda, bahkan yang mengaku milenial sekalipun. Jargon “Ayo, Buka Usaha!”, “Ayo, Jadi Kaya dengan Jadi Pengusaha!” itu menjadi basi bagi telinga mereka. Masuk telinga kiri, eh, ke luar telinga kanan temannya. Lho?

Anak muda tetap mengharapkan kemapanan. Mereka melihat jadwal pendaftaran CPNS 2019 dan merencanakan, kira-kira mau daftar di mana ya? Mau di instansi mana? Atau mau di daerah mana? Pertimbangan yang lebih akurat mesti dibutuhkan, melebihi timbangan Posyandu tiap tanggal 10 itu. Karena perlu melihat tingkat persaingan dan kira-kira akan ditempatkan di mana?

Di Balik Pendaftaran CPNS 2019 Online

Tentu, sebagai manusia normal, mereka ingin lulus. Dengan iming-iming gaji yang tetap tiap bulan dan hukumnya pasti, tambah tunjangan, perjalanan dinas dibayar, bisa menginap di hotel yang tidak terbayangkan sebelumnya, menarik dong untuk ditarget. Negara yang biayai gitu lho!

Nah, Saya mau cerita sedikit tentang teman saya yang mengelola sebuah lembaga bimbingan belajar. Lebih bagus memang jangan sebut Primagama di sini ya? Wah, malah disebutkan! Hehe…

Baca Juga: Semua Orang Mau Jadi PNS? Adakah yang Tidak Mau?

Dia membandingkan keadaan antara tempat kerjanya di Sulawesi – salah satu provinsi di pulau itu – dengan di kota Jogja. Katanya, ada satu kantor yang terlalu banyak pegawainya. Kantor kelurahan. Padahal, apa sih yang dikerjakan di kantor kelurahan kok sampai pegawainya banyak, menurutnya. Seharusnya jangan dong terlalu banyak pegawai, kan itu namanya pemborosan anggaran negara.

Dan, dia juga melihat fenomena bahwa di Sulawesi itu rata-rata memang demen banget jadi PNS. Bahkan untuk pegawai honor tidak tetap alias disingkat dengan PHTT, mereka rela menjalani. Pakai seragam dinas, baju keki, dengan honor yang sangat minim. Antara 300 sampai 500 ribu rupiah tiap bulan. Bayangkan itu, tiap bulan! Sementara banyak pula yang sudah berkeluarga. Mereka merokok pula. Halah…

Kira-kira, bagaimana itu mencukupinya ya?

Terus, perbandingannya dengan Jogja, ada seorang PNS yang ditanya pekerjaannya apa? Mungkin PNS itu sedang tidak pakai seragam dinas. Rupanya, PNS tersebut menjawab pekerjaannya “PNS” sambil menggosok mukanya dengan kedua telapak tangan. Tampak malu. Tampak minder. Terkesan ada citra yang kurang bagus di sana. Lho, kenapa, kok bisa?

Teman Saya itu bilang sambil ketawa. Berarti jauh sekali memang, tingkat pandangan masyarakat terhadap PNS. Satu di Sulawesi dihargai tinggi, bahkan itu bisa menaikkan uang panaik. Perempuan yang sarjana, PNS lagi, siap-siaplah untuk mengambil dari orang tuanya dengan uang minimal 50 juta. Itu sudah termasuk murah lho! Belum ditambah beras, sembako, bahkan sebidang tanah. Ngeri…

Cerita Lain Seputar Daftar CPNS 2019

Ada lagi cerita seorang ustadz di Jogja, tentang PNS. Ini juga punya pandangan yang kurang bagus terhadap seorang PNS. Kerjanya apa sih? Sepertinya hampir semua orang mengatakan begitu. PNS itu kerjanya apa sih di kantor? Bandingkan dengan tukang bangunan atau tukang kayu yang mesti menggunakan fisiknya, keringatnya, untuk bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Sementara PNS, kebanyakan duduk saja kerjanya.

Padahal, seorang PNS itu memang jangan cuma dilihat negatifnya saja, Bro! Bandingkan kalau di kantor itu tidak ada PNS-nya. Kamu mau mengurus KTP, Kartu Keluarga, akta kelahiran anakmu, bahkan akta kematianmu sendiri, bagaimana caranya? Mau kamu urus sendiri? Memangnya tahu caranya? Sekilas memang terlihat gampang sih, cuma tulas-tulis sana-sini, masukkan di buku arsip, corat-coret lagi, selesai. Semudah itu.

Baca Juga: Cara Buat CV Jaman Now [5 Website Ini Membantu Agar CV Kamu Jadi Makin Menarik, Ciamik, Asyik dan Langsung Dilirik]

Tapi, bagaimana dengan tanggung jawabnya? Kalau ada apa-apa menyangkut dokumen itu, kamu siap tanggung jawab?

Menjadi PNS memang tidak mudah. Banyak tantangannya. Apalagi menyangkut uang negara, uang rakyat, yang mesti dipertanggungjawabkan penggunaannya dunia dan akhirat. Janganlah main-main menjadi PNS, sebab kalau rakyat nanti menuntut kinerjamu, bisa susah itu hidupmu!

Tapi Motivasi Daftar CPNS 2019 Demi Siapa?

Biasanya, ketika pertanyaan ini diajukan, maka akan dijawab: Demi orang tua. Bagi yang sudah menikah, demi suami atau istri, demi anak-anak. Demi mendapatkan penghasilan yang lebih baik untuk kebutuhan sehari-hari. Memang tidak ada yang salah. Wajar kok. Manusiawi. Manusia memang suka makan sawi. Walah…

Akan lebih bagus sebenarnya ikut pendaftaran CPNS 2019 online demi Allah. Ya, untuk beribadah kepada Allah. Naif? Terkesan sok baik, sok bijak, bahkan sok beragama.

Nah, itulah yang perlu diluruskan. Menjadi seorang abdi negara di kantor, otomatis hasrat duniawi tinggi. Mereka orientasinya tentu saja uang, gaji, honor dan sebagainya. Bahkan, ketika ada SK, langsung “diamankan” di bank. Biar bisa dapat kredit. Bukankah kamu tahu kalau kredit itu riba? Iya ‘kan?

Jangan cuma demi orang tua dong daftar CPNS-nya itu. Kalau kamu bisa ikut mewarnai kantormu nanti dengan sesuatu yang positif, maka bisa jadi tambahan pahala buat kamu lho! Enak ‘kan?

Memang bicara itu gampang. Nulis itu mudah. Prakteknya yang susah. Sudah jelas seperti itu. Masa mau ke surga gampang? Iya ‘kan?

Jadi, yang mau ikut pendaftaran CPNS 2019 online, silakan saja. Lengkapi persyaratan yang ada. Siapkan semua berkasnya. Niatkan untuk ibadah kepada Allah. Jadi penyegar kebaikan di kantormu nanti.

Jangan langsung berpikir, waduh, nanti kalau tidak diterima bagaimana? Jawabannya: kalau tidak diterima, ya, kamu bukan PNS alias pegawai negeri sipil. Tapi, kamu masih bisa jadi Pegawai Negeri Surga, seperti yang pernah ditulis oleh salah satu teman Facebook Saya.

Baca Juga: 8 Tips Lolos Tes CPNS [Insya Allah Anda Pasti Lolos]

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share This:
error: Content is protected !!