Lakukan 10 B di Bawah Ini, Semoga Masalah Keuangan Kamu Akan Rebes!

Lakukan 10 B di Bawah Ini, Semoga Masalah Keuangan Kamu Akan Rebes!

Share This:

“Aduh, nggak ada duit nih!”

“Wah, HP itu kayaknya keren juga, tapi gimana bisa belinya?”

Gajinya sih sepertinya 5 koma. Rupanya tanggal 5, sudah koma! Apalagi kalau sudah akhir bulan, uang banyak melayang, masalah pun bergentayangan.

Mungkin begitulah yang dirasakan sebagian dari kita. Bisa kamu, dia, mereka, asal jangan saya. Haha… Agar kita tidak mengalami yang namanya masalah keuangan atau finansial, yuk, simak 8 B berikut ini! 

1. Berbisnis

Berbisnis
Baca Berita Bisnis dari Koran, Agar Kamu Bisa Jadi Pebisnis Juga. Minimal Ya Pebisnis Koran.

Bisnis atau usaha memang hal yang sudah tidak diragukan lagi bisa mengatasi masalah keuangan. Sudah banyak terbuka, orang yang jadi kaya luar biasa karena berbisnis. Zaman dulu atau zaman sekarang alias jaman now, sama saja. Boleh kamu cek, di dunia ini, yang termasuk orang terkaya adalah pengusaha. Di Indonesia, juga begitu ternyata. Bahkan, di kota atau kabupaten kamu, yang uangnya paling banyak biasanya memang pengusaha alias pebisnis. So, bisa kamu contoh. Ingin masalah keuangan kamu rebes, mulailah berbisnis, Kawan!

2. Berinvestasi

Berinvestasi
Rencana Investasi Boleh Mulai Dari Kertas di Buku. Asal Jangan Sekadar Ditulis Ya..

Ini menjadi sahabat karib dari B yang pertama. Wajar orang yang kaya semakin kaya, karena dari hasil bisnisnya itu diinvestasikan ke bidang lain. Bisa investasi ke bisnisnya sendiri. Bisa juga ke bisnis orang lain. Bagi kamu yang baru mulai investasi, boleh juga melirik yang gampang-gampang dulu. Contohnya: reksadana. Silakan pilih yang syariah juga bisa. Sekarang sudah ada yang online, tinggal digunakan saja. Lewat Bareksa. Kepoin dulu deh!

3. Belajar

Belajar
Kalau Spiderman yang sifatnya laba-laba ingin meraih laba, maka buku perlu dipelajari, jangan cuma diraba.

Materi belajar untuk mengatasi masalah keuangan adalah menyasar leher ke atas alias pikiran kita. Ya, boleh dengan baca buku, nonton video, datang ke seminar atau menjadi asisten orang lain yang dianggap sukses. Biasanya, orang dewasa itu punya alasan tidak mau belajar karena sudah tidak lagi sekolah. Dia sudah bosan dengan yang namanya belajar. Mungkin dia dulu sering membolos. Nah, sekarang, ingin sukses mengatasi masalah keuangan, belajarlah, Guys!

4. Berhemat

Berhemat
Hemat ketika banyak uang, hemat ketika sedikit uang, kalau yang terakhir ini memang sudah seharusnya.

Hemat itu bukan berarti pelit bin medit alias koret ya! Hemat untuk hal-hal yang tidak penting. Misalnya, makan di restoran yang sebenarnya bisa kamu bikin atau malah tersedia di rumah. Sesekali sih boleh saja, apalagi kalau mentraktir yang menulis ini. Hehehe…

Pulsa atau paket juga perlu dihemat. Tidak perlu menonton yang seharusnya tidak ditonton. Video-video yang bermutu, tapi rendah, bisa bikin pemikiran kita jadi ikut rendah. Lebih rendah daripada telapak kaki kita. Kan repot kalau ini sampai terjadi betulan.

5. Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Berbakti Kepada Kedua Orang Tua
Meskipun kamu bukanlah penyuka Star Wars seperti saya, yuk, kita sama-sama berbakti kepada kedua orang tua!

Ini menjadi jalan rezeki yang Insya Allah akan mengatasi masalah keuangan kamu. Berbakti kepada orang tua, ditambah dengan mertua, kalau kamu sudah menikah. Jauh jaraknya, sempatkan waktu untuk bertemu mereka di waktu senggangmu. Ambil cuti tiap tahun kalau perlu. Bagi yang sudah jadi pengusaha, sisihkan sebagian penghasilan untuk membeli hadiah-hadiah kecil, besar juga boleh. Jelas itu akan membuat mereka senang. Meskipun mungkin mereka awalnya menolak karena tidak enak, kasihkan saja. Oke?

6. Berbagi

Berbagi
Ya, Siapa Juga Yang Rugi Karena Sering Berbagi?

Contoh paling kelihatan adalah berbagi rezeki dengan cara mentraktir teman. Ini keutamaannya ternyata cukup banyak dan wow, lho! Kamu bisa masuk di sini: Pahala dan Keutamaan Mentraktir Orang Lain.

Mungkin tidak tiap hari, tergantung kemampuan keuangan kamu. Sebenarnya dipikir secara logika, sedang ada masalah keuangan, kok malah kasih uang ke orang lain dalam bentuk makanan dan minuman ya? Nah, justru di situlah rahasianya. Silakan dibuktikan sendiri!

7. Bersyukur

Bersyukur
Bersyukur karena cinta, saking cintanya kita jadi bisa bersyukur.

Kalau mau bersyukur, mari lihat ke bawah. Bukan lihat ke tanah, lho! Lihat orang-orang yang ekonominya di bawah kita. Ternyata, ketika kita ada masalah keuangan, masih banyak sekali orang yang mengalaminya lebih menderita daripada kita. Mungkin saja, setelah betul-betul melihat begitu, eh, ternyata masalah kita masih belumlah apa-apa. Ada yang tidak bisa makan sampai dua hari, bahkan lebih. Ada yang tidak punya tempat tinggal tetap. Bermalam di sembarang tempat. Banyak bersyukur, maka masalah keuangan kita terasa kecil.

8. Bertaubat

Bertaubat
Pada keheningan malam, saat yang lain sedang mimpi tenggelam, maksudnya, tenggelam dalam mimpi, semestinya kita bertaubat agar dosa kesalahan tidak lagi melekat. Mengeluhkan semua masalah kita, termasuk masalah keuangan.

Ini yang cukup sulit dilakukan, di tengah peluang untuk berbuat sia-sia dan maksiat yang sangat hebat dan mungkin itulah penyebab kita dilanda masalah keuangan. Bayangkan, mudahnya jika kita mau berbuat maksiat begitu, cukup dari HP atau laptop kita. Tapi jelas ada efek buruknya. Masalah keuangan dan masalah lainnya akan semakin sulit terpecahkan. Lebih baik, kita berusaha untuk kembali kepada Allah. Ya, antara saya dan kamu, berarti kita, semoga dimudahkan langkah kita untuk bertaubat ya..

9. Bersama Kekasih

Bersama Kekasih
Berarti lagunya diganti menjadi: Satu ditambah satu, sama dengan cinta. Eeeaaa.. Dan saling membantu ketika ada masalah keuangan.

Bersama kekasih? Maksudnya, Mas? Ya, bersama dengan yang halal, lah! Baik itu suami atau istri kamu. Kalau yang belum menikah bagaimana? Mau bersama siapa? Yang ini jawabannya, bersama Allah saja. Karena Allah adalah kekasih yang sejati. Dia tidak akan meninggalkanmu saat orang lain meninggalkanmu.

Dan, yang perlu diketahui juga, kalau ada dua orang bersama secara halal, maka rezeki mereka berdua jadi bergabung. Otomatis, keuangan akan lebih nyaman dirasakan. Semoga masalah keuangan juga bisa teratasi.

10. Bersabar

Bersabar
Suka tidak suka, ketika dilanda masalah keuangan yang cuma sementara, bersabar adalah salah satu kuncinya.

Masalah keuangan yang kamu alami Insya Allah ada masanya untuk normal kembali. Makanya itu, butuh sabar ya? Sampai kapan, Mas? Gampang lho cuma bilang sabar? Ya, namanya saja tulisan, itu seperti lisan, tinggal dituangkan. Prakteknya, yuk, sama-sama belajar. Karena kan ini namanya sharing, jadi yuk kita saling berdoa semoga bisa melaksanakan 10B di atas! Aamiin…

Mungkin kamu akrab dengan pensil 2B yang kamu gunakan untuk tes masuk perguruan tinggi, atau tes lainnya. Di sini kamu dapat 10B! Silakan dibaca, tidak sampai selesai juga hem, boleh saja. Tapi, lebih bagusnya, kamu share ke orang lain. Agar masalah keuangannya bisa selesai, dan kamu sendiri? Hehe… Semoga juga bisa normal kembali ya, Guys!

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share This:
error: Content is protected !!