Tahukah Kamu, Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu? Berikut Tipsnya!

Tahukah Kamu, Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu? Berikut Tipsnya!

Share This:

Tidak setiap orang mampu tahu cara membedakan madu asli dan palsu. Mungkin dia hanya sekadar dengar-dengar saja. Atau dari katanya orang saja. Nah, berikut akan diuraikan dengan jelas, 6 cara membedakan madu asli dan palsu.

Kalau mendengar kata madu, pastilah telinga kita sudah akrab dengannya. Bahkan mungkin cukup banyak di antara kita yang rutin mengonsumsinya. Bisa diminum langsung, atau dicampurkan dengan makanan maupun minuman kesukaan.

Mengetahui cara membedakan madu asli dan palsu memang perlu bagi kita, sebab sudah banyak madu palsu yang beredar di pasaran. Tidak jarang, madu-madu palsu tersebut mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi tubuh lho! Hiii, serem….!

Sebelum mengulik lebih dalam tentang cara membedakan madu asli dan palsu, maka perlu tahu juga bahwa madu ini termasuk bahan makanan yang cukup unik. Bahkan, sifat uniknya tersebut sulit untuk ditiru lho!

Darimana sih asal madu? Perlu diungkapkan di sini bahwa madu itu dari nektar. Bahan ini diperoleh lebah dan berasal dari bunga-bunga. Lebah akan mengumpulkan nektar di sarang lebah. Madu yang terbentuk secara alami ada di dalam sarang lebah tersebut. Agar nektar menjadi madu, membutuhkan setidaknya sampai tiga proses pengolahan.

Baca Juga: Berbeda Karena Cinta, Bersatu Karena Cinta Pula (Resensi Novel Kambing dan Hujan)

Keistimewaan madu tentu saja mempunyai rasa yang manis dan nikmat. Madu juga memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Mulai dari perawatan kulit, penyembuhan luka, sampai antioksidan. Kamu bisa mencari dan membandingkan aneka jenis madu berkualitas dengan masuk ke link berikut.

Meskipun kandungan gula dan kalorinya yang cukup tinggi, janganlah dikonsumsi secara berlebihan ya! Yah, apapun sih yang namanya berlebihan, pastilah tidak baik.

Yuk, kita masuk ke bagian inti tulisan ini, cara membedakan madu asli dan palsu.

Pakai Air

Memakai air sering dipai sebagai cara membedakan madu asli dan palsu. Ciri-ciri madu asli yang tanpa campuran adalah madu akan jatuh ke dasar air secara langsung saat dicelupkan.

Kalau madu palsu, maka akan gampang tercampur dengan air atau malah langsung larut. Bisa juga, madu palsu akan mengapung di atas air. Belajar berenang di mana dia ya? Hehe…

Jika memang cara membedakan madu asli dan palsu dengan air ini, cukup mudah. Siapkan gelas berisi air, lalu masukkan satu sendok madu ke dalamnya. Mungkin kamu merasa ragu, apakah dia pilihan yang tepat? Lho, malah bahas jodoh. Hehe… Maksudnya jika kamu masih ragu dengan ragu, coba aduk sebanyak tiga putaran. Jika larutnya cepat, maka indikasinya itu adalah madu palsu.

Cara membedakan madu asli dan palsu dengan kertas juga sangatlah mudah. Kamu siapkan saja kertas putih kosong, lalu teteskan madu ke atasnya.

Cobalah robek kertas tersebut! Jika tidak gampang robek, maka madu itu benar-benar asli. Sebaliknya, jika gampang robek, maka kemungkinan madu tersebut palsu. Bisa juga diberi bermacam campuran di dalamnya.

Pakai Korek Api Kayu

Kalau cara yang satu ini, ujung korek api kayu perlu dilumuri dengan madu. Lalu, gesekkan seperti biasa atau seperti ketika akan dinyalakan. Jika korek tersebut menyala, maka madu tersebut benar-benar asli. Sebaliknya, bila tidak menyala, maka itu tandanya madu palsu.

Pakai Sendok

Memakai sendok bisa dipakai sebagai salah satu cara memilih madu yang asli, daripada yang palsu. Tuangkan madu ke sendok, jangan sampai penuh apalagi tumpah. Kalau tumpah semua, apa yang dites ‘kan?

Panaskan sendok yang sudah ada madunya tersebut di atas api. Boleh api dari korek kayu, korek gas, api dari kompor gas, asal jangan api dendam, api cemburu, apalagi api permusuhan. Walah…

Baca Juga: Begini Jawabannya Ketika Bingung Memilih Marketplace atau Website Sendiri Untuk Bisnis

Tanda madu murni atau asli adalah akan mengeluarkan busa yang cukup banyak. Pada keadaan yang sama, hampir tumpah dari sendok. Namun, jika madu tersebut hanya ke luar sedikit busa, mungkin busanya lebih sedikit daripada sabun cuci, maka madu tersebut adalah palsu. Namanya palsu, otomatis dicampur dengan bahan-bahan lain. Kalau paksu, maka itu sebutan untuk emak-emak kepada pasangan halalnya.

Pakai Dibekukan

Kulkas dibutuhkan pada bagian ini. Kamu tinggal masukkan madu ke dalam kulkas. Jika tidak membeku, ini madunya lho, bukan kulkasnya, meski berada di dalam beberapa lama, maka dipastikan madu tersebut adalah asli. Kalau beku, maka madu itu palsu atau banyak campurannya.

Pakai Cuka

Poin ke-6, campurkan sedikit madu, air, ditambah dengan takaran dua sampai tiga tetes sari cuka. Jika madu tersebut mulai berbusa, maka besar kemungkinan palsu.

Kesimpulan

Lengkap sudah, ada 6 langkah agar tidak salah dalam memilih madu. Terus, muncul persoalan ini, mengapa banyak sekali madu palsu? Ternyata memang jawabannya adalah hal tersebut tidak bisa lepas dari kebutuhan ekonomi yang kadang-kadang mendesak atau didesak-desakkan ya?

Permintaan madu juga masih tinggi. Oleh karena itu mendorong semangat dan motivasi untuk terjun ke dalam peluang bisnis bagi para oknum pembuat madu palsu. Dalam kenyataan tersebut, cara membedakan madu asli dan palsu perlu harus lebih diketahui masyarakat.

Nah, kamu tidak usah khawatir. Karena kamu tidak perlu menerapkan enam tips di atas agar tetap memilih madu asli. Sudah tersedia Kaifa Haluk Store yang bisa mewadahi keinginanmu buat mencari madu-madu berkualitas tinggi dengan kandungan gizinya yang luar biasa.

Kamu bisa kunjungi Toko Kaifa Haluk dengan fokus utamanya pada produk madu. Selain kamu bisa mendapatkan berbagai jenis madu, tersedia juga promo-promo menarik, termasuk diskon. Jadi, akan lebih murah di kantong kamu.

Tunggu apalagi? Segera kunjungi Toko Kaifa Haluk dan dapatkan diskon khusus dan spesial buat kamu. Namanya saja penawaran, tidak cuma ke kamu, tetapi ke banyak orang. Jadi, sudah pasti promonya terbatas dan produknya juga terbatas.

Ayo, segera cek produk-produk madu ke Toko Kaifa Haluk Store! Ingat, demi kesehatan, banyak orang yang rela mengeluarkan puluhan, bahkan ratusan juta. Kamu tidak harus mengeluarkan sampai sejumlah itu, cukup jaga kesehatan dengan mengonsumsi madu dari Toko Kaifa Haluk. Salam sehat!

Baca Juga: Awas, Jangan Sembarang Cabut Kabel Listrik, Akibatnya Bisa Begini!

Share This:
error: Content is protected !!