9 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Lengkap dan Bisa Jadi Tidak Terpikirkan

9 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Lengkap dan Bisa Jadi Tidak Terpikirkan

Share This:

Punya bayi, apalagi bayi pertama memang butuh yang namanya persiapan. Wujudnya dalam bentuk perlengkapan. Nah, dalam tulisan ini akan diulas tentang 9 perlengkapan bayi baru lahir yang lengkap. Eits, sudah terpikir yang ini?

Sebenarnya, ada satu godaan yang menggoda kaum ibu kaitannya dengan kelahiran bayi baru. Bahkan, tidak cuma bayi pertama lho, tetapi bisa jadi bayi kedua, ketiga sampai ke seratus. Halah, banyak bener!

Godaan itu adalah ingin membeli banyak perlengkapan bayi. Inginnya sih agar terlihat lengkap. Nah, apakah yang banyak itu sudah menjamin lengkap? Yuk, simak 9 poin berikut ini tentang perlengkapan bayi baru lahir yang lengkap. Siapa tahu masih ada yang belum dipunyai?

1. Car Seat

Memiliki mobil kemungkinan besar termasuk impian dari setiap keluarga. Bagaimana tidak, seiring jumlah anggota keluarga yang makin bertambah, dibutuhkan kendaraan yang bisa mengangkut semuanya. Apa langsung truk saja kali ya? Naik truk, memang Bu Tedjo dan kawan-kawannya dalam film “Tilik”?

Perlengkapan bayi baru lahir yang lengkap dan poin pertama ini adalah car seat. Ini untuk menempatkan si kecil dengan lebih aman dan nyaman di dalam mobil. Tidak mungkin bukan, si kecil ditempatkan di kursi sopir, apalagi jadi sopirnya sekalian.

Pilihlah car seat yang bisa dibawa secara ditenteng, bukan ditantang, apalagi ditantang ikut ninja warrior. Ibu bisa pilih car seat yang punya alas bisa ditempatkan di dalam mobil, tetapi bagian dalamnya bisa dilepas.

Berarti, kalau yang praktis, car seat itu bisa ditenteng ke sana ke mari. Mungkin ibunya yang membawa bayinya, bapaknya bawa car seat itu. Cukup car seatnya yang ditenteng, jangan carnya alias mobilnya juga.

2. Car Seat Menjadi Stroller

Menggabungkan antara car seat dan stroller memang berkonsekuensi pada harga yang lebih mahal. Tapi, efeknya tidak perlu repot-repot membuatkan minuman untuk tamu menyediakan tempat untuk kedua barang itu.

Selain itu. tidak kerepotan memindahkan bayi yang sedang tidur. Kalau sedang tidak ada mobil, misalnya naik taksi online maupun offline (taksi offline?), Ibu bisa memasangkan sabuk pengaman langsung tanpa alas.

3. Tas Untuk Mensterilkan Botol

Bisa jadi repot bagi seorang ibu, karena membawa bayi dengan barang-barang yang lain. Ini akan lebih terasa repot lagi umpama bayinya diberikan susu botol.

Kalau begitu keadaannya, tas bayi kemungkinan besar penuh dengan botol kotor dan dot. Solusinya, sekarang bisa sterilisasi walaupun sedang dalam perjalanan.

Apa itu? Produk tersebut adalah kantung uap yang bisa digunakan berulang-ulang. Selama seratus tahun juga bisa sepertinya andai tidak rusak.

Caranya bagaimana? Gampang saja. Tinggal masukkan botol dan dot ke dalam tas steril tersebut.

Begitu saja? Tidaklah. Masukkan tas tersebut ke dalam microwave selama 90 detik untuk mensterilkan barang. Setelah 90 detik, maka apa hayo? Yap, setelah 90 detik adalah 100 detik. Wah, maksudnya di sini adalah botol dan dot itu bisa digunakan untuk bayi tercinta lagi.

4. Tisu Basah Ukuran Besar

Perlengkapan bayi baru lahir yang lengkap urutan keempat adalah tisu basah. Jenis tisu ini sangat membuat kita jadi lebih mudah memakainya, karena tidak perlu dibasahi terlebih dulu. Selain itu, ada wangi-wangi tertentu yang mungkin lebih wangi daripada parfum kita. Oh ya?

Jika bayi dalam perjalanan, ada kemungkinan bayi akan muntah alias gumoh (bahasa Jawa, tidak tahu apa bahasa Rusianya?). Pilih saja tisu basah yang ukuran besar agar lebih lama pemakaiannya. Tapi, syaratnya, jangan sampai besarnya melebihi mobil kita ya?

5. Dudukan Botol

Lho, botol kok pakai dudukan? Memangnya dia capek berdiri? Wah, bukan begitu maksudnya! Jika tidak pakai dudukan, maka akan ribet saat membuka botol air cuma dengan satu tangan.

Kalau begitu, memakai dudukan botol berbahan solikin, eh, silikon yang dipasang ke meja, akan sempurna untuk menahan botol dengan stabil ketika kita membukanya. Mungkin membukanya untuk dituangkan susu formula atau ASI tanpa harus menurunkan bayi. Oke ‘kan? Hah, jawabannya cuma, “Kan?”

6. Penghangat Botol Portabel

Mungkin bayi kita fine-fine saja ketika disodorkan susu yang dingin. Ya ‘kan dia belum bisa bilang, maunya yang hangat saja, Bu!

Namun, jika kita merasa bahwa hangat itu lebih baik, maka menyimpan penghangat botol dengan tenaga baterai di tas akan menjadi solusi yang menarik. Terlebih jika Ibu sedang berada di restoran, dalam mobil, atau mobilnya sedang berada di dalam restoran. Waduh!

Selain itu, alat ini juga membantu kita ketika tidak sedang dekat dengan colokan listrik. Cukup dengan baterai, masalah dinginnya botol susu bisa selesai.

7. Tas Popok yang Berubah Menjadi Tempat Ganti Pakaian

Lagi-lagi, menyangkut perlengkapan bayi baru lahir yang lengkap, tetapi berada di situasi yang tidak terduga. Miliki saja tas popok yang juga bisa digunakan sebagai alas ganti pakaian bayi.

Pada tas tersebut, tempat ganti pakaian terlipat di bagian depan. Bagian itu bisa memberi tempat yang bersih dan aman untuk mengganti pakaian bayi. Apalagi ketika Ibu mungkin tidak memiliki akses ke kamar mandi atau meja ganti.

8. Playmat Chic Tahan Air Sebagai Pengganti Karpet

Ada saatnya ingin bermain dengan bayi atau anak Ibu. Nah, jika tidak ada ruang bermain khusus, maka pakai saja playmat chic ini.

Barangnya mudah diatur dan ukurannya dapat disesuaikan. Selain itu, bisa sebagai pengganti karpet.

9. Pembersih Alami

Tantangan terakhir terkait dengan perlengkapan bayi baru lahir yang lengkap dan bisa jadi belum terpikirkan secara matang adalah produk pembersih rumah tangga. Ini tidak bisa dipilih sembarangan, apalagi sudah ada bayi yang baru lahir.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memilih produk bebas sulfat, bebas pewarna, tidak beracun, dan tidak memiliki pewangi tambahan.

Kesimpulan

Sembilan poin di atas tentang perlengkapan bayi baru lahir yang lengkap boleh menjadi referensi bagi kamu maupun kaum ibu lainnya ketika datang buah hati ke dunia ini.

Mempersiapkan sedini mungkin juga lebih baik agar nantinya tidak kaget dengan kehadiran buah hati. Kalau orang tuanya kaget, jangan-jangan anaknya juga?!

Share This:

Silakan tinggalkan komentar ya!

Email aktif kamu tidak akan ditampilkan. Tapi ini mesti diisi ya!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!