Yuk, Kenali 7 Manfaat Wortel Untuk Bayi

Yuk, Kenali 7 Manfaat Wortel Untuk Bayi

Share This:

Wortel adalah sayuran yang sering diistilahkan dekat dengan kelinci. Namun, tentunya kelinci cuma bisa dikasih wortel oleh si pemeliharanya, atau mengambil sendiri di kebun misalnya. Belum pernah ada kelinci beli sendiri wortel di pasar. Bagaimana dengan manfaat wortel untuk bayi?

Sampai sekarang, harga wortel masih terhitung murah. Dan, mudah didapatkan di mana saja. Mau beli di pasar tradisional boleh, pasar modern boleh. Syarat pergi ke kedua pasar itu adalah pasarnya masih buka! Jangan pergi kalau pasarnya sudah tutup. Buat apa coba?

Menu MPASI Bayi

Sayuran wortel bisa dicampurkan menjadi Makanan Pengganti ASI bagi bayi maupun balita. Manfaat wortel untuk bayi mungkin sudah banyak diketahui oleh kita sebagai orang tua, meski usia masih terbilang muda. Nah, apa saja itu? Mari kita simak manfaat wortel untuk bayi!

1. Untuk Kesehatan Kulit

Tentunya sebagai orang tua yang baik, kita ingin anak bayi kita dalam kondisi punya kulit yang bagus dan sehat. Biasanya sih ada yang mengartikan kulit bayi yang putih. Padahal tidak selalu demikian bukan? Kalau kulit bayi selalu dikonotasikan dengan putih, maka itu tergantung dari banyak faktor. Salah satunya ya keturunan dari orang tuanya. Begitu bukan?

Wortel dapat bermanfaat untuk bayi karena mengandung beta-karoten. Zat tersebut mampu memperbaiki sel kulit yang rusak karena metabolisme. Jadi, kesehatan kulit bayi dapat ikut terjaga. Lalu, jadi selalu lembut, lembab, dan halus.

Sayuran wortel yang mengandung vitamin A dan antioksidan dapat membantu melindungi kulit dari sinar matahari. Oleh karena itu, tidak mudah mengalami kerusakan.

2. Untuk Rambut dan Kuku

Manfaat wortel untuk bayi selanjutnya adalah pada kandungan vitamin A-nya. Ini diketahui juga bermanfaat untuk kutikula. Artinya mampu menguatkan rambut dan kuku agar tidak mudah rapuh, seperti hati saja ya?

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Anak Menangis Minta Sesuatu Menurut Para Psikolog

Bayi yang rutin mengonsumsi wortel, maka rambutnya akan menjadi lebih kuat dan tebal. Kukunya juga akan terjaga kesehatannya. Ciri-cirinya adalah bercahaya, berwarna pink, tidak kering, dan tidak retak-retak. Ini juga seperti hati, bisa retak.

3. Untuk Pencernaan

Pencernaan bayi sangat perlu untuk dijaga kesehatannya, wahai para orang tua. Sebab, dengan pencernaan yang baik dan sehat, maka alur makanan bisa lancar, dari hulu ke hilir. Makanan yang terjaga siklusnya juga bisa membuat bayi tumbuh kembang lebih baik.

Wortel yang mengandung serat makanan yang tinggi, membuat pencernaan akan senantiasa sehat. Pergerakan usus halus dan merangsang sekresi cairan lambung bisa dikendalikan dengan serat pada wortel ini. Jadi, manfaat wortel untuk bayi adalah dapat mencegah konstipasi maupun masalah pada perut lainnya.

Bayi memang rentan mengalami konstipasi. Solusinya dengan memberikan wortel pada MPASI-nya. Konstipasi pada bayi, sedangkan kalau orang dewasa biasanya selalu berpikir tentang konspirasi, seperti pada kasus covid-19. Hem…

4. Untuk Daya Ingat

manfaat-wortel-untuk-bayi

Kemampuan kognitif bayi dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi wortel. Kok bisa? Sebab, senyawa luteolin pada wortel mampu mencegah terjadinya peradangan otak. Selain itu, memperkuat daya ingat bayi agar tidak gampang hilang ketika bertambah usianya.

5. Menangkal Racun

Racun adalah zat yang tidak kelihatan. Ketika masuk ke dalam tubuh, maka jika antibodi lemah, bisa menimbulkan sakit. Tentunya, hal tersebut tidak mau terjadi pada anak bayi kita ‘kan?

Serat pada wortel bisa sebagai penangkal racun, sekaligus mengeluarkan racun dari tubuh bayi. Pembuangan kotoran dari usus besar akan dipercepat dan menjaganya agar tetap bersih. Jadi, tubuh bayi akan menjadi lebih sehat. Sebab, terbebas dari racun yang dapat menyebabkan penyakit.

6. Untuk Gigi

Menyikat gigi bayi memang berbeda dengan menyikat gigi orang dewasa. Tentu hal tersebut karena bentuk sikatnya yang berbeda, pasta giginya, sekaligus keadaan ketika melakukannya. Orang dewasa sih tenang-tenang saja, sedangkan bayi? Tahu sendiri, lah.

Mungkin ada beberapa orang tua yang tidak terlalu sering menyikat gigi bayi karena repotnya itu. Juga susah. Lalu, bagaimana solusinya? Tenang saja, orang tua bisa memberikan bayi wortel mentah sebagai finger food. Artinya sayuran untuk dikunyah-kunyah ringan. Terbukti sayuran wortel mampu membersihkan plak yang menempel di gigi dan gusi bayi. Selain itu, dapat menghilangkan bau mulut yang berefek pada nafas yang tidak sedap.

Mengandung kalsium dan mineral lainnya, wortel dapat menangkal kuman. Diulang lagi, dapat menjaga kebersihan dan kesehatan gigi bayi.

7. Mengendalikan Kolesterol

Jangan dikira kolesterol ini selalu kaitannya dengan orang dewasa saja lho, atau orang yang sudah tua sekali, tetapi bayi juga perlu diperhatikan tubuh bayi dari kolesterol jahat. Wortel mampu melenyapkan kolesterol jahat di hati dan mengontrol kadar empedu di dalam organ. Ketika bayi bertambah angka usianya, efek baik dari wortel tersebut akan terasa manfaatnya.

Bonus: Kiat Memberikan Wortel Sebagai MPASI Bayi

Bayi memang harus disiapkan makanannya, termasuk ketika akan memberikan wortel ini. Bagaimana kiat-kiatnya? Mari kita simak tiga caranya.

1. Memilih yang Masih Segar

Ini sudah wajar menjadi tips yang pertama. Wortel yang dipilih haruslah dalam kondisi terbaik, segar, dan tidak cacat tentunya. Ciri-cirinya adalah teksturnya keras dan berwarna cerah.

Jangan pakai wortel yang telah disimpan selama dua pekan. Selain kesegarannya sudah menurun, kandungan nutrisinya pun mulai berkurang.

2. Menyimpan Wortel

Mungkin punya wortel yang belum akan dikonsumsi, lalu ingin menyimpannya, perhatikan saran berikut. Masukkan wortel ke dalam plastik bersih yang telah dilubangi. Simpan di kulkas. Kok begini? Ya, sebab wortel butuh kelembaban tinggi dan temperatur rendah agar kondisinya tetap baik.

3. Mengolah Wortel

Kulit wortel memang harus dikupas pertamanya, kemudian dicuci sampai bersih. Untuk mengolah wortel bisa dengan direbus atau dikukus dalam waktu 10-15 menit. Waktu sebanyak itu agar teksturnya cukup empuk. Selain itu agar kandungan nutrisinya tetap terjaga. Bunda atau ibu bisa mengolah wortel menjadi sayur, puree, atau dibuat jus.

Kesimpulan

Melihat manfaat wortel untuk bayi di atas semoga bisa menjadi pertimbangan bagi para orang tua yang punya anak bayi. Wortel adalah salah satu sayuran yang sangat bagus diberikan ke anak-anak kita. Dan, kita juga harus bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala karena negeri kita dikaruniai kekayaan alam yang sangat melimpah.

Baca Juga: Sehat Q, Media Informasi Digital Lengkap Untuk Sehat A Sampai Z

Share This:

Silakan tinggalkan komentar ya!

Email aktif kamu tidak akan ditampilkan. Tapi ini mesti diisi ya!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!