7 Kiat Meningkatkan Pengembangan Diri Secara Luar Biasa

7 Kiat Meningkatkan Pengembangan Diri Secara Luar Biasa

Share This:

Sudahkah merasa diri Anda berkembang? Meskipun kita adalah manusia dan bukan kembang, tapi tetap kita harus terus berkembang. Lalu bagaimana kiatnya agar berkembang itu tetap menyenangkan? Simak 7 kiat berikut. 

1. Jadilah Be Yourself [Jadi Diri Sendiri]

Jadi Diri Sendiri
Jadi Diri Sendiri Dimulai Dari Cinta Diri Sendiri. Anda Sudah Seperti Itu?

Sebenarnya itu adalah nama email saya. Dan, merupakan email aktif saya. Tapi, di sini menjadi subjudul. Meningkatkan pengembangan diri memang awalnya atau dimulai dari diri sendiri. Menjadi diri sendiri itu sangatlah berarti. Apalagi antara Anda dengan orang lain, tidak ada yang sama persis, apalagi persis sama juga tidak ada. Jadi, diri Anda itu unik. Mulai dari manusia pertama, sampai terakhir (terus Anda urutan berapa?), tidak ada yang benar-benar sama dengan Anda. Kalau mirip sih, bisa jadi. Asal, jangan ada teman Anda yang iseng, itu yang di kebun binatang ya… So, jadilah be yourself alias jadi diri sendiri!

2. Buatlah Visi, Misi, Fantasi dan Mimpi

Visi, Misi, Fantasi dan Mimpi
Itu Bukan Berarti Terdampar Ya…

Subjudulnya semuanya berakhiran huruf “i”. Apakah sengaja? Ya, tentu saja! Bagaimana dikatakan menulis secara tidak sengaja, kok bisa rapi begitu? Hehe…

Nah, bicara tentang kiat meningkatkan pengembangan diri, pastilah bicara tentang visi dan misi, biasanya itu menyangkut caleg. Tapi apa salah kalau kita yang bukan caleg, juga pakai visi dan misi? Ya, tentunya tidak salah juga. Visi dan misi itu memang menjadi tujuan dan cara untuk meraih tujuan itu. Visinya ke Jakarta, misinya ya bisa lewat darat, laut atau udara. Bagaimana kalau visi Anda cuma menonton televisi, sedangkan misinya film Mission Impossible. Betul-betul tidak nyambung bukan?

Bagaimana dengan fantasi dan mimpi? Secara arti, bisa dicermati bahwa fantasi itu biasanya berupa lamunan. Mimpi biasanya sesuatu yang ingin dilakukan. Dari keduanya, kita bisa bebas membayangkan diri ini akan jadi apa nantinya. Buatlah fantasi dan mimpi Anda itu terbang setinggi-tingginya sampai ke ujung langit. Jangan cuma di langit-langit. Semakin besar fantasi dan mimpi, meskipun kelihatannya tidak mungkin, tapi siapa tahu? Hayo, siapa yang tahu? Angkat tangannya!

3. Percaya Diri Sepenuhnya dan Berani Juga Sepenuhnya

Percaya Diri Sepenuhnya
Percaya Diri dan Berani Membuat Anda Tampak Seperti Bayi.

Banyak orang yang memang punya diri, tetapi tidak percaya. Maksudnya tidak percaya diri. Sering mengeluh dengan dirinya, ah, saya ini apa? Ah, saya ini bisa apa? Nah, itu artinya tidak percaya diri. Baguskah begitu? Ya, tentu saja tidak bagus. Kalau diri sendiri tidak dipercaya, bagaimana orang lain mau percaya? Ya `kan?

Tapi percaya diri tok juga masih kurang. Butuh yang namanya keberanian. Percaya diri lebih cenderung ke dalam, sedangkan berani itu ke luar. Merasa percaya diri, tetapi tidak berani, maka di situlah Anda harus rutin lari pagi. Olahraga itu salah satu bagian kiat meningkatkan pengembangan diri.

4. Rasa Penasaran Itu Bukanlah Pasaran 

Rasa Penasaran
Rasa Penasaran Membuat Pikiran Anda Terlihat Bercahaya

Tahu `kan nama pasaran itu? Ya, nama yang umum dipakai orang. Nama Rizky itu juga termasuk nama pasaran lho! Karena laki-laki dan perempuan bisa pakai. Hehe…

Tapi, rasa penasaran itu bukan pasaran. Arti lainnya, tidak semua orang punya rasa penasaran. Kalau penasaran yang negatif, mungkin banyak yang punya. Tapi yang dibahas di sini tentu saja penasaran yang positif. Apa saja penasaran yang positif itu? Ya, penasaran untuk terus belajar hal-hal yang bermanfaat. Sesuatu yang bisa berguna di kemudian hari, bukan kemudi fery. Kalau Anda punya rasa penasaran ini, maka Anda calon orang sukses! Sebab, orang sukses itu selalu belajar dari mana saja. Terutama belajar untuk menjadi orang luar biasa berpijar.

5. Manfaatkan 2 Telinga dengan Baik

Manfaatkan 2 Telinga dengan Baik
Dengarkan Orang Lain Sedengar-dengarnya

Allah memberikan kita dua telinga dan satu mulut, supaya kita jadi orang yang banyak mendengar, bukan banyak bicara. Kalau kita beli cutton bud, maka berapa lama habisnya itu untuk dua telinga kita? Nah, tentu yang dimaksud dengan manfaatkan dua telinga ini adalah mendengar orang lain bicara. Mungkin ada ilmu di sana yang berguna untuk kita. Lebih baik kita dengarkan pembicaraan yang positif, daripada orang-orang suka gosip. Betul `kan?

6. Siapkan Modal Secara Total

Siapkan Modal Secara Total
Niat, Semangat dan Fokus Itu Mengalahkan Modal Emas, Lho!

Bicara modal, kok sepertinya selalu menyangkut uang ya? Modal bisnis, susah, karena harus cari uang dulu. Modal nikah, juga harus pakai uang, untuk bikin acaranya. Modal cari kerja, juga uang untuk menyogok. Ups! Mengerikan kalau yang terakhir ini.

Modal yang utama harus ada pada diri Anda adalah niat, semangat dan fokus. Niat untuk mengembangkan diri, semangat yang muncul dari dalam diri dan fokus, arah pengembangan diri Anda itu ke mana? Banyak orang yang gagal karena tidak memiliki salah satu dari tiga ini. Oleh karena itu, milikilah segera. Ini tidak ditulis, miliki segera, di toko-toko terdekat!

7. Berusaha Untuk Selalu Bahagia

Kiat Meningkatkan Pengembangan Diri 7: Berusaha Untuk Selalu Bahagia
Cintailah yang Anda Lakukan dan Lakukan Apa yang Anda Cintai!

Hidup ini cuma ada dua, ada sedih, ada bahagia. Apakah ada orang yang terlihat sedih, tapi sebenarnya dia bahagia? Ada juga lho! Tapi saya tidak kenal orangnya. Hehe…

Bahagia adalah hal yang cukup sulit dicari selama ini. Ada yang masuk ke tempat hiburan untuk mencari kebahagiaan, tapi apakah dia benar-benar berbahagia? Saya yakin tidak. Sebab hati kecilnya mengatakan bahwa itu kebahagiaan yang semu dan semi. Bahagia yang sejati kalau Anda benar-benar menerima hidup Anda sepenuhnya. Ketika rasa bahagia itu mulai hilang, maka tetap kembali ke hidup Anda yang sebenarnya itu.

Itulah 7 kiat meningkatkan pengembangan diri secara luar biasa. Bisa jadi, ada kiat-kiat lain. Tapi cukuplah dulu itu untuk Anda baca dan boleh langsung dilakukan. Ditunggu komentarnya atau cerita dari Anda ya..

Salam Suksess, Pakai Dobel S.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share This:
error: Content is protected !!